9 Cara Reservasi Kamar yang Dilakukan Tamu Hotel

9 Cara Reservasi Kamar yang Dilakukan Tamu Hotel

Editor AJAR.id

9 Cara Reservasi Kamar yang Dilakukan Tamu Hotel

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Pada artikel sebelumnya Perbedaan Reservasi Manual dan Komputer, di artikel ini AJAR.id akan memberi informasi seputar jenis-jenis reservasi yang dilakukan tamu hotel.

Seorang tamu dapat melakukan reservasi kamar dengan berbagai cara sesuai keinginan mereka. Ada apa saja sih macamnya?

  1. Lewat telepon
    Tamu menghubungi nomor telepon hotel.
  2. Langsung bertatap muka (walk in)
    Tamu datang langsung dan melakukan pemesanan saat itu juga di resepsionis.
  3. Surat
    Cara ini sudah jarang sekali digunakan (voucher dari travel agent).
  4. Email
    Tamu memesan hotel melalui email.
  5. Fax
    Sama halnya dengan surat, pemesanan melalui fax juga sudah mulai ditinggalkan karena perkembangan teknologi.
  6. Internet
    Tamu memesan kamar hotel lewat website resmi hotel.
  7. Pihak ketiga
    Melalui perusahaan reservasi yang bekerja sama dengan hotel tersebut.
  8. Referensi dari sesama chain hotel
    Saat sebuah hotel sudah full book, mereka biasanya akan mengalihkan tamu ke hotel lain yang masih dalam grup hotel/chain hotel yang sama. Misal, AccorHotels Group, Hilton Worldwide, dll.
  9. Reservasi online
    Salah satu cara reservasi hotel yang paling populer di era ini, di mana ada beragam situs pemesanan yang tersedia seperti booking.com, Traveloka, Agoda, dll. Situs-situs ini biasanya juga menawarkan harga yang lebih rendah atau promo khusus bagi customer-nya.

Setelah reservasi tamu diterima hotel, maka data mereka akan dicatat dalam sistem. Nah, pada beberapa hotel kini ada yang menerapkan one-time registration dalam pencatatan data tamu mereka lho AjarianApa sih yang dimaksud dengan one-time registration?

One-time registration adalah sistem yang menyimpan data tamu secara otomatis sehingga bila di kemudian hari tamu menginap kembali, mereka tidak perlu mengisi data diri mereka lagi. Cara ini sangat praktis dan menghemat waktu saat check in terutama bagi regular guests atau tamu langganan.

Dari berbagai cara reservasi kamar yang disebutkan di atas, tentu tidak selalu semuanya di terapkan pada setiap hotel. Sebagai resepsionis, pahamilah metode reservasi kamar apa saja yang diterima hotel tempat kamu bekerja. Jangan sampai ada reservasi yang luput lho, karena bisa mengakibatkan overbooking!

Baca juga: Apa Perbedaan Business Guest dan Leisure Guest? Yuk Baca!

Salam jempol!

By Inas Nadiyah

Recommended Posts

AJAR in The News