9 Cleaning Equipment untuk Pembersihan secara Umum

9 Cleaning Equipment untuk Pembersihan secara Umum

Editor AJAR.id

9 Cleaning Equipment untuk Pembersihan secara Umum

AJAR.id – Hello Ajarian! Ada berbagai cleaning equipment yang digunakan untuk membersihkan area hotel. Equipment bisa dibedakan sesuai penggunaan yang spesifik, seperti untuk membersihkan kaca, furnitur, atau karpet.

Dalam artikel ini, AJAR.id akan menjelaskan beberapa cleaning equipment yang digunakan untuk pembersihan secara umum. Simak yuk!

  1. Trolley
    Troli berfungsi untuk membawa semua perlengkapan dan peralatan seperti cleaning chemicalcleaning cloth, trash bag, toilet roll, amenities, room supplies, dll. Troli harus selalu dikondisikan agar terlihat rapi oleh tamu ketika Kamu menggunakannya. Troli yang diatur dengan rapi juga akan memudahkanmu saat bekerja.  
  2. Bucket
    Bucket memiliki banyak ukuran, fungsinya untuk menampung air saat proses pembersihan. Bucket yang digunakan housekeeping biasanya sudah terpasang pada troli pel dan ada dua macam: warna biru dan merah. Satu bucket untuk membilas dan satunya berisi larutan chemical.
  3. Mop
    Jenis pel yang digunakan yaitu wet dan dry. Penggunaan kedua pel tersebut dilihat dari kondisi permukaan yang akan dibersihkan, apakah kering atau basah. Kain pel umumnya terbuat dari bahan katun atau campuran katun dan poliester.
  4. Broom dan Brush
    Ada banyak jenis sapu dan sikat yang digunakan di hotel, mulai dari yang berukuran besar hingga kecil, berbulu lembut hingga kasar. Sapu dan sikat berfungsi untuk general sweeping, floor scrubbing, menyikat toilet, menyapu sarang laba-laba, membersihkan furnitur, dan sebagainya.
  5. Squeegee
    Berfungsi menghilangkan sisa-sisa air, bentuknya juga seperti huruf ‘T’ dan terdiri dari 3 bagian: handle, lempengan metal, dan bilah karet.
  6. Floor Pad
    Floor pad digunakan pada floor machine dengan ukuran standar berdiameter 40 cm. Semakin gelap warna floor pad, semakin kasar pula teksturnya.
  • Warna hitam dan cokelat untuk proses stripping polish
  • Warna merah untuk general cleaning
  • Warna biru untuk proses buffing
  • Warna putih untuk polishing
  1. Scourer
    Scourer adalah penggosok berbahan nilon atau poliester yang digunakan untuk membersihkan noda membandel. Scourer tidak boleh digunakan pada permukaan plastik atau dinding bercat karena akan menimbulkan goresan. Scourer juga bisa dipasangkan pada bilah panjang untuk membersihkan area tinggi.
  2. Spray bottle
    Botol spray digunakan untuk menampung chemical. Botol spray perlu diberi label sesuai isinya dan bagian penyemprot harus berfungsi baik. Botol spray sebaiknya terbuat dari bahan yang transparan agar chemical di dalamnya bisa terlihat.
  3. Window cleaning equipment
    Window cleaning equipment adalah peralatan untuk membersihkan jendela, seperti applicator, scaffolding, squeegee, telescopic pole, ladder, cloth, dan long low bucket.

Sahabat Ajarian, itulah sembilan equipment yang biasa digunakan untuk proses pembersihan secara umum (general cleaning). Selalu bersihkan cleaning equipment selepas digunakan kemudian simpan di tempat yang telah ditentukan ya!

Baca juga: Cara Memvakum Lantai yang Benar di Area Hotel

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News