9 Fitur Pesawat Telepon Beserta Fungsinya

9 Fitur Pesawat Telepon Beserta Fungsinya

AJAR Hospitality

9 Fitur Pesawat Telepon Beserta Fungsinya

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan mengenai Jenis-Jenis Panggilan Masuk ke Resepsionis. Selanjutnya, Kamu wajib tahu juga mengenai fitur yang ada di pesawat telepon agar bisa mengoperasikannya dengan baik. Fitur-fitur ini akan memudahkanmu dalam menanggapi telepon masuk.

Lalu, apa sih fitur yang dimaksud?

Simak yuk 9 fitur dalam telepon beserta fungsinya di bawah ini!

  1. Call waiting ─ disebut juga sebagai ‘catch phone’ di Jepang. Fitur ini memungkinkan Kamu untuk menggantungkan sebuah percakapan telepon agar bisa menjawab telepon lain yang masuk (biasanya ditandai bunyi ‘bip’). Namun pihak yang sedang di-hold ini tidak bisa mendengar percakapan di saluran lain.
  2. Call forwarding ─ dikenal pula dengan nama ‘call diversion’, yang berfungsi untuk meneruskan panggilan masuk ke pihak ketiga (dapat berupa nomor lain atau ke voicemail). Keuntungan call forwarding adalah penerima telepon bisa mengalihkan panggilan ke perangkat telepon lain jika mereka sedang dalam meetingconference, atau kondisi tidak memungkinkan untuk menjawab telepon.
  3. Caller Identification Display (Caller ID─ merupakan fitur yang akan menampilkan identitas penelepon pada layar telepon atau komputer. Fitur ini bermanfaat untuk meminimalisir prank calls, telemarketers, dan untuk memudahkanmu jika perlu mencatat nomor yang harus diblokir.
  4. Call Blocking ─ atau call screening berguna untuk memblokir panggilan tertentu. Fitur ini akan lebih fleksibel jika digunakan dengan software caller ID pada komputer, karena akan ada banyak pilihan cara pemblokiran seperti berdasarkan kode area atau nama caller ID.
  5. Call-back ─ call-back yaitu panggilan yang terjadi saat sang penelepon segera ditelepon balik dalam beberapa detik saja, sebagai balasan atas panggilan yang tak terjawab atau karena jaringan sibuk.
  6. Call return ─ merupakan proses menelepon nomor yang tidak terjawab (missed call) atau yang masuk dalam voicemailCall return dilakukan untuk memastikan setiap panggilan masuk mendapat tindak lanjut (follow-up) yang sesuai.
  7. Recorded message service ─ merupakan mesin jawab otomatis yang akan menjawab telepon masuk dan kemudian merekam pesan yang disampaikan penelepon. Pesan tersebut direkam baik dalam bentuk voicemail atau sms agar bisa direspons sang penerima.
  8. Executive busy override ─ fitur ini memungkinkanmu untuk menginterupsi percakapan tertentu, dengan tujuan agar bisa menyampaikan pesan atau panggilan telepon yang sangat penting (high priority).
  9. Multiple call ─ fasilitas multiple call akan memudahkanmu jika harus menelepon beberapa orang sekaligus. Hal ini biasa disebut juga sebagai ‘conference call’. Conference call dapat pula dilakukan dengan program Skype untuk melakukan video conference call.

Fitur-fitur pada pesawat telepon yang telah disebutkan di atas membutuhkan integrasi dengan perangkat lainnya, seperti telegraph, teleprinter, dan koneksi internet. Semakin lengkap perangkat pendukungnya, maka akan semakin efisien pula penggunaan telepon di hotel.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News