9 Jenis Gula Rafinasi yang Patut Kamu Ketahui

9 Jenis Gula Rafinasi yang Patut Kamu Ketahui

Editor AJAR.id

9 Jenis Gula Rafinasi yang Patut Kamu Ketahui

AJAR.id – Hello Ajarian! Secara alami, gula bisa ditemukan dalam banyak bahan makanan, termasuk buah-buahan, sayuran, susu, biji-bijian, bahkan kacang-kacangan dan biji-bijian. Selain gula alami, ada juga jenis gula rafinasi (refined sugar) yang berasal dari tebu yang diekstraksi.

Gula rafinasi berperan penting dalam proses pemanggangan makanan karena memberikan kelembaban dan kelembutan, meningkatkan masa simpan produk jadi, terkaramelisasi pada suhu tinggi, dan yang paling utama adalah menambah rasa manis.

Berikut 9 jenis gula rafinasi yang patut Kamu ketahui:

  1. Gula Kastor (Caster Sugar) – Gula kastor adalah jenis gula premium yang digunakan pada dessert dan pastry Gula kastor memiliki bentuk lebih halus daripada gula pasir sehingga lebih mudah larut dalam adonan.
  2. Regular Granulated Sugar juga dikenal sebagai gula meja atau gula A1. Gula jenis ini adalah yang paling umum dikenal. Gula meja memiliki butiran kasar. Dalam produksi, butiran kasar meninggalkan butiran yang tidak larut, bahkan setelah pencampuran lama. Setelah dipanggang, gula akan muncul sebagai bintik-bintik hitam pada permukaan roti atau kue.
  3. Brown Sugar – Jenis gula ini mengandung 85 – 92 % sukrosa dan molase. Brown sugar memiliki wangi seperti karamel. Semakin pekat warnanya, maka kandungan sukrosa dan molasenya semakin banyak. Bisa dikatakan, brown sugar adalah gula tebu yang tidak sepenuhnya dirafinasi.
  4. Demerara Sugar – Dikenal juga sebagai gula mentah, yang diproduksi dari sari tebu (90% sukrosa). Jenis gula ini biasa digunakan dalam hidangan yang dipanggang dan minuman panas.
  5. Gula Bubuk (Icing Sugar) dikenal juga dengan tepung gula karena sudah mengalami penghalusan hingga menjadi bubuk. Terdapat jenis gula bubuk yang mengandung pati jagung (sekitar 3%) yaitu Soft Icing Mixture sehingga tidak menggumpal.
  6. Invert Sugar – Gula ini merupakan produk hasil proses rafinasi gula. Gula invert adalah sirup gula kental yang diproses secara kimiawi dimana sukrosa dipanaskan bersama asam. Sukrosa kemudian terbagi menjadi dua jenis gula yang lebih sederhana, yaitu glukosa dan fruktosa. Proses ini mengurangi ukuran kristal gula, sehingga gula inversi menghasilkan produk yang lebih halus dan bisa digunakan dalam pembuatan permen, icing, dan sirup. Gula invert juga mampu menahan kelembapan dan menjaga kesegaran sebuah produk.
  7. Molase – Disebut pula tetes tebu. Molase mengandung sukrosa tinggi dan kandungan asam yang memberikan rasa dan warna. Grade molase yang lebih tinggi memiliki rasa yang lebih kuat dan mangandung lebih sedikit gula dibanding grade Molase mempertahankan kelembaban pada makanan yang dipanggang, sehingga juga memperpanjang kesegarannya.
  8. Corn Syrup (Sirup Jagung) adalah pemanis cair yang terdiri dari air, getah nabati yang disebut dekstrin dan sejumlah variasi gula, terutama dekstrosa, juga disebut glukosa. Sirup jagung dibuat dengan mengubah tepung jagung menjadi senyawa yang lebih sederhana melalui penggunaan enzim. Sirup jagung membantu dalam mempertahankan kelembaban dan digunakan dalam beberapa icing, permen, dan perebusan gula. Sirup jagung juga menjaga gula dari rekristalisasi. Menambahkan sirup jagung ke dalam marzipan bisa meningkatkan elastisitas juga lho!
  9. Glucose Syrup (Sirup Glukosa) adalah sirup kental, tidak berwarna. Glukosa memiliki efek stabilisasi untuk membantu mencegah kristalisasi ulang ketika gula direbus hingga suhu tinggi. Hal ini juga digunakan dalam pembuatan kue dan biskuit. Glukosa sebaiknya tidak disimpan pada suhu di atas 20ºC karena akan berubah warna. Selain itu, Kamu bisa mengganti glukosa dengan sirup jagung ringan.

Ternyata, ada banyak sekali gula rafinasi yang beredar di pasaran! Kamu bisa memilih jenis gula rafinasi yang sesuai dengan kebutuhanmu, mulai dari membuat dessert, memanggang roti, atau membuat minuman.

Baca juga: Cara Membuat Sirup Gula untuk Dessert Sauce

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News