9 Jenis Reservasi di Bidang Pariwisata yang Dilakukan Costomer

9 Jenis Reservasi di Bidang Pariwisata yang Dilakukan Costomer

Editor AJAR.id

9 Jenis Reservasi di Bidang Pariwisata yang Dilakukan Costomer

AJAR.id – Hello Ajarian! Biasanya, customer melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum menggunakan jasa dan produk di bidang pariwisata. Selain memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi customer, adanya layanan reservasi untuk kamar, transportasi, atau atraksi wisata membuat mereka merasa lebih ‘aman’ karena tidak perlu khawatir akan kehabisan produk atau jasa tersebut.

Sebagai staf reservasi, Kamu bertugas untuk memastikan prosesnya berjalan lancar. Maka dari itu, penting bagimu untuk memahami jenis-jenis reservasi apa saja yang bisa dilakukan oleh customer di bidang pariwisata.

Lalu, apa saja kah jenis reservasi di bidang pariwisata?

Layanan tersebut di antaranya adalah:

  1. Akomodasi
    Reservasi ini adalah reservasi untuk kamar pada berbagai jenis akomodasi mulai dari hotel, resort, guest house, dll.
  2. Pesawat
    Customer melakukan reservasi kursi pesawat agar bisa menentukan pilihan maskapai, kelas, fasilitas, dan tanggal yang diinginkan (misalnya low season atau high season).
  3. Kapal pesiar
    Reservasi untuk kapal pesiar biasanya dilakukan sekaligus untuk memesan on-board meal yang diinginkan.
  4. Bus
    Reservasi tiket bus ini mulai dari pilihan waktu keberangkatan, posisi kursi, tipe kelas bus, dll.
  5. Paket wisata
    Reservasi untuk paket wisata ini sudah termasuk konsumsi, transportasi, serta guide. Beberapa paket wisata juga dijual beserta tiket masuk destinasi dan akomodasi.
  6. Dining
    Dinning yaitu reservasi pada restoran atau tempat makan lainnya.
  7. Entertaintment
    Reservasi ini seperti seperti tiket untuk pertunjukan teater atau konser musik.
  8. Atraksi wisata
    Banyak atraksi wisata yang memungkinkan customer untuk memesan tiket lebih dulu sebelum kedatangannya seperti Universal Studios dan Disneyland.
  9. Events
    Reservasi tiket penyelenggaraan event ini seperti olimpiade olahraga dan pameran seni.

Di era ini, hampir setiap penyedia jasa di industri pariwisata telah memungkinkan pelanggannya untuk membuat reservasi lebih dahulu. Selain karena faktor kenyamanan yang ditawarkan, dari segi harga juga menjadi pertimbangan customer.

Baca juga: Jenis-Jenis Reservasi Kamar di Hotel dan Tipsnya

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News