Apa Saja Jenis-Jenis Liabilitas di Hotel dan Bagaimana Cara Menilainya?

Apa Saja Jenis-Jenis Liabilitas di Hotel dan Bagaimana Cara Menilainya?

AJAR Hospitality

Apa Saja Jenis-Jenis Liabilitas di Hotel dan Bagaimana Cara Menilainya?

AJAR.id- Hello Ajarian! Liabilitas adalah kewajiban perusahaan masa kini yang timbul dari peristiwa masa lalu, penyelesaiannya diharapkan mengakibatkan arus keluar dari sumber daya hotel yang mengandung manfaat ekonomi.

Macam-macam liabilitas (kewajiban/utang) dibagi menjadi dua bagian berdasarkan jangka waktunya, yaitu:

Pertama, Liabilitas jangka pendek hotel, yaitu kisaran waktu pembayaran kurang dari 1 tahun. Contohnya: Utang terhadap supplier, utang wesel  jangka pendek (3 bulanan), dan utang pajak

Kedua, Liabilitas jangka panjang hotel, yaitu kisaran waktu pembayaran lebih dari 1 tahun. Contohnya: Utang terhadap bank, utang hotel kepada Owner (kalau ada), utang terhadap perusahaan finance apabila pembelian kendaraan dilakukan secara kredit.

Salah satu liabilitas jangka pendek adalah utang terhadap supplier. Mengapa muncul utang terhadap supplier? Karena tidak semua pembelian yang dilakukan oleh unit hotel dibayarkan secara cash, ada beberapa pembelian yang dilakukan secara kredit. Apalagi jika nilai nominal transaksi tersebut sangat besar. Tujuannya adalah agar aliran kas di hotel dapat diatur secara baik.

Utang terhadap supplier ini ada beberapa hal yang...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News