Apa Saja Kah Trend Teknologi Hotel di Tahun 2019?

Apa Saja Kah Trend Teknologi Hotel di Tahun 2019?

Editor AJAR.id

Apa Saja Kah Trend Teknologi Hotel di Tahun 2019?

AJAR.id – Hello Ajarian! Kamu yang sudah lama berkecimpung di dunia perhotelan mungkin sudah tahu bahwa teknologi yang digunakan hotel beberapa tahun lalu sudah sangat berbeda jauh dengan teknologi yang digunakan saat ini, karena kemajuan dan perkembangan teknologi yang begitu cepat. Apalagi di beberapa tahun terakhir ini, kita mendengar istilah IoT (Internet of Things), yakni semua perangkat yang dapat dikendalikan secara otomatis dengan menggunakan koneksi internet.

Nah, untuk menambah wawasanmu, kali ini AJAR.id akan membahas trend teknologi apa saja kah yang ada di hotel di tahun 2019?

  1. Perangkat seluler sebagai kunci pintu
    Kamu mungkin sudah banyak yang tahu bahwa kunci pintu sudah mengalami evolusi. Hal ini sangat menarik, karena alat yang dulu dimulai dari potongan logam berubah dengan cepat menjadi sebuah electronic key cards dan selanjutnya menjadi data pada perangkat seluler tamu.

Beberapa hotel sudah mulai menggunakan teknologi ini, baik menggunakan teknologi NFC (Near-Field Communication) maupun menggunakan kode/barcode yang di-scan seperti yang dilakukan di kebanyakan bandara saat ini.

  1. Service automation
    Self service saat ini sudah berjalan. Banyak tamu lebih suka teknologi daripada berinteraksi dengan manusia untuk hal-hal yang sederhana. Contohnya untuk proses check-in dan check-out secara remote sudah menjadi populer.

Beberapa hotel sudah mulai bekerja dengan aplikasi yang memungkinkan para tamu memesan layanan kamar langsung dari perangkat seluler mereka. Selain itu, ada berbagai macam permintaan basic bagi tamu yang dapat diotomatisasi dengan teknologi yang tepat, yang membebaskan staf hotel untuk kegiatan lain yang meningkatkan guest experience.

  1. Fixed-mobile convergence
    Kadang-kadang, tamu menggunakan telepon kamar mereka. Namun, dengan semakin pesatnya penggunaan perangkat seluler, fungsi telepon kamar menjadi menurun. Tetapi hal itu bukan berarti tidak memiliki peran untuk maju., karena telepon kamar di masa depan dapat berfungsi sebagai hub untuk terhubung yang dengan layanan yang lebih luas.

Bayangkan jika seorang tamu tiba di hotel dan memasangkan perangkat selulernya ke telepon kamarnya. Sekarang dia dapat menggunakan ponselnya untuk mengontrol TV, audio sistem, bahkan mungkin tirai jendela. Dia dapat menggunakannya untuk meminta wake up call dan room service.

Kamu dapat memberi tahu tamu bahwa dry cleaning-nya sudah siap, bahkan jika tamu ada di luar kota saat rapat. Dan jika dia perlu menerima panggilannya dari lobby hotel ke dalam taksi, maka tamu tidak akan ketinggalan rapat.

Ini mungkin terdengar seperti fiksi ilmiah, tetapi banyak bagian dari teknologi ini sudah tersedia atau sedang dikembangkan. Tamu di masa depan akan lebih terhubung daripada sebelumnya.

  1. Guest apps
    Tamu yang terhubung dengan hotel hampirmencakup setiap aspek dari guest experience. Sesuatu yang rumit yang membutuhkan perangkat tunggal untuk beroperasi, Oleh karena itu, aplikasi tamu untuk perangkat seluler pribadi adalah tempat yang tepat untuk meng-host semua fungsi ini.

Aplikasi tamu (guest apps) yang dirancang dengan cerdas akan menggabungkan segala sesuatu mulai dari layanan hotel hingga loyalty program. Jika hotel mengetahui seorang tamu menggunakan group rate untuk sebuah conference, hotel dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengirimkan jadwal acara secara elektronik kepada tamunya, lengkap dengan peta ruang rapat tempat sesi akan diadakan.

Beberapa dari chain hotel sudah meng-encourage tamu mereka untuk menggunakan mobile apps untuk layanan ini.

  1. Battle for bandwidth
    Smartphone, laptop, dan tablet merupakan perangkat penghisap bandwidth internet yang tamu gunakan saat bepergian, baik untuk keperluan bisnis maupun liburan. Sebagian dari tamu menginginkan koneksi yang cepat seperti di rumah mereka.

Namun, sebuah hotel bukan rumah, hotel harus melipatgandakan kebutuhan data, bukan hanya untuk ratusan tamu namun bisa ribuan. Apa pun solusinya, permintaan bandwidth di hotel pasti akan bergerak naik seiring dengan kebutuhan tamu.

  1. Tech lounge
    Airline check in dan local guides adalah tempat di mana para tamu dapat keluar dari kamar mereka, tetapi masih bisa mengakses WiFi untuk bersantai atau menyelesaikan pekerjaan. Penggunaan untuk teknologi dalam perhotelan tampaknya tumbuh setiap tahun dan bisnis perhotelan yang cerdas mengubah keinginan para tamu ini menjadi ruang semi publik yang bergaya, di mana para tamu dapat menggunakan teknologi sesuai kebutuhan mereka.

Banyak tamu bahkan mulai memasukkan teknologi semacam ini ke dalam kriteria pencarian hotel online mereka, sehingga bisnis perhotelan yang kurang peka pada kebutuhan ini, akhirnya mungkin merasa dirugikan.

  1. Tech enabled meeting space
    Modern meeting space saat ini telah berkembang. Tidak lagi tentang meja dan kursi yang bagus, modern meeting berjalan menggunakan teknologi. Para pebisnis perlu membuat presentasi multimedia dan conference call.

Untuk pertemuan maraton, mereka menyukai akses ke layanan seperti katering dengan sedikit gangguan. Yang paling penting, hotel tahu mereka membutuhkan ruang ini agar user friendly, karena ruang audio/video di masa lalu yang membutuhkan teknisi khusus tidak lagi menjadi pilihan.

Jika menurutmu kebutuhan bisnis semacam ini hanya terbatas pada ruang konferensi bergaya ruang rapat, maka Kamu akan kehilangan bagian penting, karena tamu bisnis semakin meminta penggunaan teknologi canggih di ruang meeting.

  1. Social listening
    Para tamu memiliki banyak hal untuk di-share tentang pengalaman mereka di hotel, karena ulasan dari mulut ke mulut dan ulasan online memiliki pengaruh lebih besar di dunia perhotelan. Selain itu, tools ini juga memungkinkan hotel untuk mencari tahu tentang keinginan, kebutuhan, keluhan, dan banyak lagi ke dalam sebuah diskusi

Oleh karena itu, hal ini menjadi sangat penting bagi hotel dan hotel-hotel yang berinvestasi dalam social listening tools ini sudah meningkat dari tahun ke tahun.

Sahabat Ajarian, itulah 8 teknologi hotel yang menjadi trend di tahun 2019, sebagian hotel mungkin sudah menggunakan teknologi tersebut untuk mempermudah operasionalnya. Nah, sebagai hotelier, Kamu harus selalu update dengan teknologi yang digunakan hotel, karena teknologi dan internet adalah harta karun bisnis jika Kamu tahu cara memanfaatkannya.

Baca juga: Mengenal Teknologi Hotel Booking Chatbot

Salam Jempol!

By Tatang Saputra

Recommended Posts

AJAR in The News