Apa Saja yang Akan Kamu Peroleh Ketika Bekerja dalam Dunia Perhotelan?

Apa Saja yang Akan Kamu Peroleh Ketika Bekerja dalam Dunia Perhotelan?

Editor AJAR.id

Apa Saja yang Akan Kamu Peroleh Ketika Bekerja dalam Dunia Perhotelan?

AJAR.id – Halo Ajarians! Pada dasarnya setiap informasi mengenai perolehan dan peraturan kerja yang akan Kamu dapatkan sudah atau akan disampaikan pada saat proses awal kamu bekerja, atau pada saat sesi wawancara.

Namun demikian, bukan berarti semua informasi tersebut akan disampaikan secara terperinci pada saat Kamu wawancara karena terkait perihal waktu.

Untuk mempelajari secara detail mengenai perolehan dan peraturan kerja di tempatmu, ada baiknya Kamu bersikap proaktif dan selalu mengamati perkembangan informasi yang disampaikan dari pihak perusahaan.

Berikut ini merupakan hal-hal mendasar terkait perolehan serta peraturan kerja yang wajib Kamu ketahui.

  1. Dana Pensiun (Superannuation)
    Dana pensiun merupakan sejumlah uang yang didepositokan oleh pemilik perusahaan atas nama para karyawan sebagai bentuk tabungan wajib pada saat karyawan pensiun.

Jumlah uang yang harus disediakan oleh pemilik perusahaan ditentukan oleh undang-undang. Akan tetapi, kebijakan tersebut pun dapat disesuaikan kembali berdasarkan kebijakan pemilik perusahaan mengenai tambahan dari besaran minimal.

Ketika Kamu pensiun, Kamu dapat mengklaim dana ini melalui prosedur yang berlaku.

  1. Kompensasi
    Pemilik perusahaan wajib memberikan asuransi perlindungan bagi semua karyawannya. Hal ini berarti para karyawan akan mendapatkan jaminan keselamatan dan kesehatan kerja.

Kompensasi asuransi tersebut akan mencangkup biaya rehabilitasi atau pemulihan kondisi kesehatan pekerja berserta kebutuhannya (seperti obat, alat kesehatan, dsb.) selama masa pemulihan tersebut.

Setiap karyawan wajib berperan serta dalam setiap acara pemeriksaan kesehatan (yang mungkin dilakukan oleh dokter atau perwakilan institusi kesehatan) yang diadakan pihak perusahaan.

  1. Pelatihan
    Pelatihan karyawan dapat berlangsung di lokasi maupun di luar lokasi kerja; menggunakan pelatih internal maupun eksternal. Pelatihan keterampilan kerja pada umumnya bersifat wajib karena berkaitan dengan keahlian atau teknik pelaksanaan kerja.

Mengabaikan pelatihan keterampilan kerja dapat berdampak fatal bagi performa kerjamu, kesempatan dipromosikan, mendapatkan jatah lembur, atau bahkan posisimu.

  1. Seragam dan Fasilitas Penunjang
    Hampir semua industri perhotelan menyediakan seragam berserta kelengkapan atributnya bagi seluruh karyawan.

Tak hanya itu, beberapa fasilitas penunjang seperti ruang staf, kamar mandi, area olahraga, dan kantin (yang biasanya sudah meliputi jatah makanan dan minuman bagi karyawan).

  1. Pengunduran Diri dan Pemberitahuan
    Setiap karyawan diharapkan (atau bahkan diwajibkan) untuk memberikan pemberitahuan kepada pihak perusahaan terkait pengunduran dirinya.

Ketika Kamu mengundurkan diri tanpa memberikan pemberitahuan terlebih dahulu, Kamu dapat dikenakan penalti yang akan berakibat pada pemotongan gaji atau denda.

Di samping itu, pemilik perusahaan pun harus memberikan informasi terkait pemberitahuan pengunduran diri ini kepada seluruh karyawan pada saat awal mereka bekerja.

Rentang waktu pemberitahuan bisa berjarak antara dua hingga tiga puluh hari sebelum pengunduran diri tersebut.

Baca juga: Ingin Berkarier di Hotel? Ini Nih Jenjang Karier dalam Dunia Perhotelan

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News