Apa Saja yang Harus Dilakukan Setelah Laundry Selesai?

Apa Saja yang Harus Dilakukan Setelah Laundry Selesai?

AJAR Hospitality

Apa Saja yang Harus Dilakukan Setelah Laundry Selesai?

AJAR.id – Hello Ajarian! Dalam proses laundry linen dan pakaian, Kamu diharuskan untuk melakukan penyortiran, memilih chemical laundry yang sesuai serta melakukan spot clean bila diperlukan. Bila kegiatan-kegiatan tersebut sudah selesai, selanjutnya apa yang harus Kamu lakukan?

Dalam artikel ini, AJAR.id akan membahas beberapa kegiatan pasca proses laundry selesai atau bisa disebut sebagai finishing process laundry. Simak selengkapnya yuk!

  1. Mengecek noda – Setelah guest laundry selesai dicuci, Kamu harus memastikan bahwa tidak ada noda sebelum melanjutkan ke proses pengeringan dan penyetrikaan. Noda pada kain lebih sulit dibersihkan saat sudah disetrika lho! Maka dari itu, bila Kamu menemukan noda tertinggal segera lakukan pencucian ulang (rewash) atau spot clean ya!
  2. Mengecek perbaikan yang sudah dilakukan – Bila ada guest item yang diperbaiki, misalnya ritsleting yang rusak atau jahitan yang lepas, cek dulu apakah sudah sesuai atau belum. Pemeriksaan harus dilakukan sebelum item
  3. Pressing – Proses menyetrika linen dan pakaian ini bisa dilakukan dengan flat iron atau steam iron. Pastikan untuk memilih temperatur iron yang tepat sesuai jenis kain yang akan disetrika agar tidak merusak kain tersebut.
  4. Drying – Linen serta pakaian perlu dikeringkan dengan mesin setelah selesai dicuci, setelah dicuci barulah linen dan pakaian dilipat.
  5. Folding – Proses melipat bisa dilakukan manual atau dengan mesin. Towels akan dilipat dengan tangan kemudian ditumpuk. Bathrobe bisa dilipat atau digantung pada hanger, sementara bedsheet dilipat menggunakan mesin.
  6. Packaging – Setiap guest clothing harus dikemas sebelum dikirim ke kamar mereka. Pengemasan bisa menggunakan box, plastik, tas, atau digantung dengan hanger lalu dibungkus plastik. Linen hotel tidak perlu dikemas melainkan langsung ditumpuk pada troli untuk didistribusikan.
  7. Storage – Linen bersih perlu disimpan dalam storage sebelum didistribusikan ke departemen yang membutuhkan. Lokasi storage bisa berada satu area dengan area laundry, di dalam linen room atau dalam ruang housekeeping.
  8. Delivery – Seluruh item harus dikirimkan ke area masing-masing. Contohnya, linen dikirim ke linen storage dan guest clothes dikirim ke kamar mereka.

Itulah beberapa kegiatan pasca proses laundry yang perlu dilakukan untuk memastikan kualitas linen dan guest clothing yang telah di-laundry. Perhatikan bila masih ada noda pada kain atau kesalahan lipatan pakaian, pastikan setiap linen dan guest clothing sudah benar-benar bersih dan layak digunakan.

Baca juga: Tips Mengoperasikan Mesin dan Peralatan Laundry Service

Salam jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News