Apa yang Harus Dipelajari sebelum Mengoperasikan Telepon?

Apa yang Harus Dipelajari sebelum Mengoperasikan Telepon?

Editor AJAR.id

Apa yang Harus Dipelajari sebelum Mengoperasikan Telepon?

AJAR.id – Hello Ajarian! Sistem telepon yang digunakan di ruang kantor tentu berbeda dengan yang umum digunakan di rumah. Sistem telepon ini lebih kompleks, memiliki lebih banyak fitur dengan beragam fungsi, sehingga Kamu harus mempelajarinya dulu sebelum mulai mengoperasikan telepon tersebut.

Dalam artikel ini, AJAR.id akan membahas tentang hal-hal dasar yang patut dipelajari sebelum mengoperasikan sistem telepon. Apa saja hal dasar tersebut?

  • Mengidentifikasi komponen sistem telepon, yaitu tombol, lampu, tampilan layar, serta perangkat tambahan lainnya.
  • Mempelajari cara mengangkat panggilan masuk, baik panggilan internal maupun eksternal, termasuk cara membedakan kedua panggilan tersebut.
  • Mempelajari cara holding sebuah panggilan telepon.
  • Mempelajari cara Transfer Call dengan benar.
  • Mengenali perbedaan dering telepon yang ada dalam sistem tersebut. Biasanya dering untuk panggilan internal dan eksternal berbeda bunyinya.
  • Mempelajari bagian-bagian handset dan headset telepon, seperti cara mengaktifkan dan menonaktifkannya.
  • Menggunakan speed dial dan mengenali nomor apa saja yang terhubung.

Hal-hal dasar tersebut bisa Kamu pelajari melalui berbagai cara! Misalnya:

  1. Menghadiri training yang diadakan supplier atau produsen telepon. Biasanya training jenis ini diberikan saat ada pembaruan sistem. Ada kalanya supplier juga menyelenggarakan on-site visit untuk memberikan training kepada staf.
  2. Membaca instruksi pada buku manual dan mempraktikkannya. Hal ini akan membantu Kamu lebih familiar dengan sistem telepon sehingga tidak kaku saat mengoperasikannya.
  3. Mengikuti on-the-job training. Hal ini umum diadakan terutama bagi staf baru. Biasanya, akan ada operator telepon yang berpengalaman menjelaskan berbagai materi terkait pengoperasian sistem telepon. Kemudian, secara bertahap Kamu akan diminta untuk mempraktikkan apa yang telah dijelaskan. Hal ini efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemahiranmu!

Hal penting yang patut diingat saat mengoperasikan sistem telepon adalah: ‘Setiap perangkat telepon wajib digunakan hanya sesuai instruksi pabrik dan aturan hotel’. Perusahaan pembuat sistem telepon tersebut akan menjelaskan instruksinya dan hotel akan membimbing cara penerapannya.

Selanjutnya, pelajari juga yuk Tips Melayani Penelepon dengan Profesional.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News