Apakah Tujuan CSR Hotelmu Sudah Benar?

Apakah Tujuan CSR Hotelmu Sudah Benar?

Editor AJAR.id

Apakah Tujuan CSR Hotelmu Sudah Benar?

AJAR.id – Hello Ajarian! Seperti yang telah kita ketahui bahwa banyak sekali korporasi-korporasi besar di industri perhotelan sudah melakukan program Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang "penghijauan" dan "pendidikan". Hal tersebut sangat relevan dengan industri kita dan patut kita apresiasi.

Lalu, apa sebetulnya CSR ini dan dari mana rujukannya?

Bila merujuk kepada ISO 26000 sebagai pedoman CSR yang terlahir pada bulan September 2004, ISO (International Organization for Standardization) sebagai induk organisasi standarisasi internasional diartikan sebagai:

"Tanggung jawab sosial sebagai tanggung jawab suatu organisasi atas dampak dari keputusan dan aktivitasnya terhadap masyarakat dan lingkungan, melalui perilaku yang transparan dan etis"

Jika Kamu hendak menganut ISO 26000 sebagai acuan CSR, maka kegiatan CSR mencakup 7 pilar pokok sebagai berikut:

  1. Pengembangan masyarakat
  2. Konsumen
  3. Praktek kegiatan institusi yang sehat
  4. Lingkungan
  5. Ketenagakerjaan
  6. Hak asasi manusia
  7. Organizationalgovernance

Dari pengamatan penulis, pada prakteknya di Indonesia ada dua jenis "Tujuan CSR" yang dilakukan di kebanyakan hotel sebagai berikut:

  • Sustainable programyakni program yang dilakukan secara “konsisten” dan berkesinambungan. Program ini kebanyakan dijalankan secara turun-temurun. Terlepas si pembuat program sudah tidak ada, program tersebut tetap jalan terus.
  • Brand image program, maksudnya hanya melakukan kegiatan CSR dengan tujuan untuk mencari imagebrand semata. Ciri-cirinya hanya bersifat "sementara" atau "seremonial" atau "kumat-kumatan" semata tanpa dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan. Kalau yang membuat sudah tidak ada, ya bubar semua programnya.

Sebaiknya, agar CSR dapat betul-betul mampu menyumbangkan manfaat dan dampak positif yang panjang, maka sebelum membuat program CSR apa pun, tanyakan kepada dirimu:

  • Pilar mana yang akan Kamu fokuskan?
  • Apa hubungan antara Pilar yang Kamu pilih dengan strategi bisnismu? Apa tujuannya?
  • Siapa yang akan mengampu program? Bagaimana proses seleksi tim? Apa tugas mereka? Kapan saja tim akan mulai bekerja? Kapan rotasi jadwal akan dilakukan? Apa target yang Kamu berikan untuk mereka?

Sahabat Ajarian, selamat menunaikan kewajiban sosialmu dan semoga bermanfaat untuk alam dan sesama.

Baca juga: Kata-Kata untuk Memotivasi Karyawan

Salam Jempol!

Recommended Posts

AJAR in The News