Apakah Revenue Manajermu adalah The Next Superheromu? 7 Revenue Manager Skill

Apakah Revenue Manajermu adalah The Next Superheromu? 7 Revenue Manager Skill

AJAR Hospitality

Apakah Revenue Manajermu adalah The Next Superheromu? 7 Revenue Manager Skill

AJAR.id  Hello Ajarian! Tahukah Kamu salah satu komponen pejabat struktural yang sangat penting dalam hotelmu adalah seorang Revenue ManagerRevenue Manager ini diharapkan selalu semangat dalam menjalankan tugas utamanya.

Salah satu tugas dari seorang Revenue Manager adalah taktik pengelolaan pendapatan bagi hotelmu, mengubah arah grafik RevPar-mu ke arah yang positif dan menambahkan nilai bottom line dalam bisnismu.

Revenue Manager-mu adalah orang yang memimpin dalam menerapkan perubahan "strategi bisnis". Mereka ini adalah orang tipe "analitis" dengan daya pikiran yang canggih ala mesin. Selain itu, mereka juga tergolong orang-orang hebat yang senantiasa menjual "strategi perubahan" kepada Top Level Management.

Untuk menduduki posisi Revenue Manager dibutuhkan seseorang yang memiliki keberanian untuk mempengaruhi pimpinan atau meyakinkan pemilik properti atas strategi terbaik yang telah dipilih berdasarkan hasil analisa dari berbagai macam sudut pandang.

Revenue Manager juga harus berani untuk memberi tahu mereka jika apa yang mereka lakukan itu salah! Jadi, fungsi edukasi terhadap pemangku kepentingan sangat lekat di posisi ini. Selain itu, ia harus mahir dalam berbicara untuk mempengaruhi pengambil keputusan ke arah yang tepat.

Hal di atas hanya sebagian kecil dari kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang Revenue Manager di hotel. Berikut ini adalah daftar singkat dari banyak bakat yang seharusnya dimiliki oleh seorang Revenue Manager.

  1. Analytical: The Number Cruncher
    Apakah Kamu ingat kisah Alan Turing dari The Imitation Game, orang yang mencoba memecahkan kode enigma Jerman dalam perlombaan melawan waktu selama berhari-hari dalam World War II?
    Revenue Manager adalah Alan Turing. Dia dipercayakan dengan mengoptimalkan tarif berdasarkan sejumlah besar data dan diharapkan dapat terus-menerus mengkritik informasi ini, memperkirakannya, dan membuat keputusan penting berdasarkan hasil analisisnya. Bahkan dengan alat teknologi terbaik yang ada, dibutuhkan seorang master untuk memecahkan kode pengoptimalan.
  2. Fortune Teller and Wizard
    Jika ada hal yang salah dalam bisnis, maka Revenue Manager akan menjadi orang pertama yang memperhatikan dan melaporkan. Begitu pula sebaliknya jika semua berjalan dengan baik, Revenue Manager tetap bertindak layaknya seorang "para normal" yang mampu memahami permintaan sekarang dan masa depan. Selain itu, Revenue Manager harus memiliki keberanian untuk mengambil keputusan sulit berdasarkan informasi yang ia miliki.
  3. Sharp as a Swordsman
    Keputusan dalam "penetapan harga strategis" yang sukses memerlukan pengumpulan dan interpretasi data dari banyak sumber, namun tidak semua sumber ini sempurna. Oleh karena itu, Revenue Manager adalah samurai yang mampu mengurai dan mengolah berbagai jenis informasi yang ada. Teknologi menjadi pedang untuk membelah data-data yang ada sesuai sasaran. Dia harus secara tepat dan cepat mengatasi masalah kualitas, melakukan penyesuaian, dan merekonstruksi data menjadi informasi yang berarti dan mendukung pengambilan keputusan strategis.
  4. Risk Taker
    Revenue Manager adalah seorang pemberani bagaikan serigala di industri perhotelan. Mereka adalah orang yang mampu mengambil risiko. Bukan karena sensasi tapi karena dia kreatif dan memiliki bakat dalam perdagangan di bidang perhotelan. Revenue Manager yang baik harus bersedia mendorong batasan dan melampaui yang biasa karena bakat ini. Memang, ketika ia bersedia mengambil risiko, ganjarannya lebih besar karena berbagai proses pembelajaran penting telah ia lalui.
  5. Keterampilan Bernegosiasi yang Tak Tertandingi
    Dengan keterampilan negosiasi seperti Jerry Maguire, Revenue Manager adalah orang yang bekerja erat dengan departemen lain di seluruh organisasi dan mempengaruhi keputusan yang telah mereka buat. Orang ini adalah juru runding yang ahli yang bisa menjadi navigasi perairan politik yang rumit untuk mendorong hasil dan menunjukkan uangnya.
  6. Tech Brain
    Dalam salah satu industri, manusia yang paling banyak salah satunya di perhotelan. Revenue Manager adalah matriks yang menggunakan otomasi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
    Mereka selalu merasa nyaman memanfaatkan perangkat lunak pengelolaan pendapatan, berinteraksi dengan database dan melakukan analisis Ad Hoc dalam paket analisis eksternal.
    Mereka memahami PMS, booking engine, channel manager, GDS, digital marketing, web design, mobile platform, dan media sosial. Salah satu keputusan yang dibuat akan berdampak pada kinerja pendapatan. Penting diperhatikan bahwa Revenue Manager adalah orang yang cerdas dalam memahami implikasi dan membangun strategi yang solid di sekitar mereka.
  7. A Born Leader
    Revenue Manager terbaik biasanya banyak menghabiskan waktu mereka untuk mengelola orang dan membangun hubungan, karena mereka mengelola pendapatan. Kedekatan positif dengan orang lain ini adalah salah satu kualitas yang esensial yang dapat membuat mereka menjadi pemimpin yang unggul.
    Dengan keterampilan kepemimpinan dan rasa tak kenal takut dalam pengambilan risiko yang telah kami sebutkan sebelumnya, Revenue Manager akan melangkah jauh untuk melampaui performa yang diharapkan.

Sering kali pelaku bisnis perhotelan dan pemilik properti hanya memikirkan biaya yang terkait dengan Revenue Manager. Sudah sepantasnya, orang dengan kualitas baik pastinya tidak murah. Oleh karena itu, kita harus menghargai kompetensi mereka.

Penting bagi kita untuk mampu berpikir seperti mereka dan mempertimbangkan pengembalian investasi. Jika Kamu menemukan seseorang yang sesuai dengan kompetensi tersebut, maka dia layak mendapatkan yang terbaik. Lakukanlah investasi dan mulailah untuk menuai hasilnya!

Jadi, sudahkah Sobat Ajarian memiliki Superhero untuk membantu menaikkan level pendapatan di hotelmu?

Salam Jempol!

By STAAH Ltd

Recommended Posts

AJAR in The News