Bagaimana Cara Mengetahui Kebutuhan dan Preferensi Tamu?

Bagaimana Cara Mengetahui Kebutuhan dan Preferensi Tamu?

Editor AJAR.id

Bagaimana Cara Mengetahui Kebutuhan dan Preferensi Tamu?

AJAR.id – Hello Ajarian! Ada beragam jenis tamu yang datang ke hotel dan kedatangan mereka umumnya dibagi menjadi dua kategori, yaitu tamu walk-in (belum melakukan reservasi) dan tamu yang sudah melakukan reservasi.

Sejumlah tamu yang melakukan reservasi kerap menyertakan permintaan atas valet service. Valet service juga bisa menjadi diberikan oleh hotel kepada tamu-tamu tertentu, tanpa harus diminta oleh tamu tersebut.

Tamu yang menggunakan valet service tentu mengharapkan pelayanan premium yang memenuhi keinginan, kebutuhan dan preferensi mereka selama menginap di hotel.

Dalam artikel ini, AJAR.id akan mengajak Kamu untuk mempelajari bagaimana cara mengetahui kebutuhan dan preferensi tamu valet.

Memangnya, apa saja sih contoh kebutuhan dan preferensi tamu?

Tamu umumnya memiliki kebutuhan atau preferensi pribadi yang berkaitan dengan:

  • Merek minuman atau makanan yang spesifik
  • Pengaturan suhu air conditioner di kamar
  • Transportasi yang digunakan
  • In-room service seperti makanan, massage, dll
  • Kebutuhan pribadi seperti kebutuhan medis, hairdressing, hingga shopping.

Bagaimana cara untuk mengetahui kebutuhan dan preferensi tersebut?

Kamu bisa dengan mudah mengetahuinya melalui beberapa cara. Cara ini dibagi menjadi dua, yaitu sebelum kedatangan tamu dan saat kedatangan.

Sebelum kedatangan tamu, berikut yang bisa Kamu lakukan untuk memperoleh informasi tentang kebutuhan dan preferensi tamu:

  1. Membaca data pada internal guest history
  2. Membaca riwayat komunikasi tamu dengan hotel, misalnya pada email
  3. Menghubungi tamu atau asisten tamu untuk menanyakan langsung kebutuhan mereka
  4. Berbincang dengan staf lain atau pihak lain yang bersangkutan, yang memiliki pengalaman dalam melayani tamu VIP.

Meski Kamu sudah melakukan segala upaya untuk mengetahui kebutuhan tamu sebanyak-banyaknya sebelum mereka tiba, tentu hampir mustahil untuk bisa mengidentifikasi setiap kemungkinan atas kebutuhan tamu tersebut. Nah, Kamu bisa melakukan hal-hal berikut untuk mengetahui kebutuhan dan preferensi tamu saat mereka tiba:

  1. Gunakan instingmu – disertai dengan pengetahuan dan pengalaman dalam melayani tamu VIP. Kamu juga harus peka dengan apa yang dilihat dan didengar saat tamu tiba di hotel.
  2. Bertanya pada tamu atau asisten mereka – sebaiknya Kamu berinisiatif untuk menanyakan langsung pada tamu atau asistennya mengenai apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan. Semakin cepat Kamu bertanya maka akan lebih baik, karena berarti Kamu bisa memaksimalkan kenyamanan dan kepuasan tamu. Jangan tunggu sampai last minute lho!
  3. Klarifikasi permintaan spesifik yang sebelumnya diberikan – misalnya, tamu meminta untuk disediakan transportasi, tanyakan waktu spesifiknya.

Memenuhi ekspektasi tamu merupakan hal yang sangat penting bagi valet service. Pastikan Kamu sudah menyiapkan diri ya, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada tamu! Baca juga artikel lainnya: 8 Tips Membangun Hubungan Erat dengan Tamu.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News