Bagaimana Implementasi Mobile Apps agar Menarik Banyak Tamu?

Bagaimana Implementasi Mobile Apps agar Menarik Banyak Tamu?

Editor AJAR.id

Bagaimana Implementasi Mobile Apps agar Menarik Banyak Tamu?

AJAR.id – Hello Ajarian! Ketika mencari hotel untuk menginap, Kamu pasti akan membuka aplikasi (mobile apps) di smartphone-mu untuk memudahkan pencarian. Tentunya, Kamu juga sudah tidak asing lagi dengan beberapa mobile apps dari online travel agent (OTA) yang sudah menjadi popular saat ini.

76% traveler memilih mobile apps dari OTA ini karena harga dan penawaran yang lebih baik. Sedangkan 13% traveler lainnya tidak memesan melalui website atau mobile apps hotel karena pengalaman mobile (user experience) yang kurang baik.

Meskipun mobile apps dari OTA ini mendatangkan tamu, di sisi lain situs atau aplikasi intermediary booking ini membuat jarak antara hotel dan tamu.

Jadi, apa yang harus dilakukan hotel?

Jawabannya adalah membuat mobile experience yang lebih baik. Beberapa hotel telah berkembang mobile apps-nya dari sebelumnya hanya fokus pada proses booking berubah fokusnya menjadi guest experience.

Alasan kenapa Kamu memerlukan meningkatkan mobile apps, di antaranya:

  • Semua orang memiliki dan membawa mobile phone.
  • Mudah digunakan semua orang.
  • Selalu online dan up to date.
  • Easy maintenance dan update.
  • Tidak ada batasan tempat dan waktu.
  • Informasi dan data terintegrasi.
  • Investasi yang tergolong murah.

Lalu bagaimana implementasi mobile apps agar menarik banyak tamu?

Berikut adalah 3 kunci implementasi mobile apps agar menarik banyak tamu ke hotel:

  1. Beyond the booking
    Banyak mobile apps hotel mengintegrasikan booking system untuk memberikan proses reservasi yang mulus. Salah satu fiturnya adalah memberi tamu pilihan untuk early check-in, akses special offerroom service, dan check out ketika tamu login dengan reservation code dan menggunakan push notifications untuk tetap berhubungan dengan tamu.
  2. Ensuring a pleasant stay and more
    Dengan mobile apps, cukup dengan satu sentuhan di smartphone, concierge siap menjawab pertanyaan apapun dengan menggunakan aplikasi ChatBot. Fitur lainnya adalah menyediakan panduan dan referensi ke tempat makan/restoran, transportasi, peta, tempat belanja.

Hotel juga dapat menggunakan experience ini untuk mempromosikan room service atau layanan lainnya dengan memberikan tamu banyak pilihan dan informasi dengan cepat.

Ketika mobile apps sudah terkoneksi dengan Property Management System atau Point of Sales System, maka permintaan tamu dapat langsung di-book/request dalam sistem dan jika ada biaya akan langsung masuk ke guest folio tersebut.

  1. Growing guest loyalty with incentives
    Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, banyak tamu memilih menggunakan booking apps dari OTA karena penawaran yang lebih baik. Dengan mobile apps, hotel bisa memberikan push notification, jika ada promo atau special offer dengan memberikan diskon khusus dan reward point.

Sahabat Ajarian, itulah pentingnya mobile apps hotel dan 3 kunci implementasinya agar menarik banyak tamu. Benefit bagi hotel lainnya semua data tamu dimiliki oleh hotel bukan tersimpan di pihak ketiga seperti pada umumnya.

Lebih baik lagi, jika hotel (pada level corporate) memiliki middleware untuk pengembangan mobile apps lebih lanjut sehingga memudahkan integrasi dengan pihak ketiga seperti booking engine, website, channel manager, property management system, loyalty management system, dan payment gateway.

Baca juga: Mengenal Teknologi Hotel Booking Chatbot

Salam Jempol!

By Tatang Saputra

Recommended Posts

AJAR in The News