Bagaimanakah Cara Berkomunikasi Yang Efektif?

Bagaimanakah Cara Berkomunikasi Yang Efektif?

AJAR Hospitality

Bagaimanakah Cara Berkomunikasi Yang Efektif?

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Bagi Kamu yang bekerja di bidang jasa, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik sangatlah dibutuhkan karena Kamu akan sering berinteraksi dengan banyak orang. Khususnya sebagai pelaku industri pariwisata, Kamu akan berkomunikasi dengan sesama rekan kerja, tamu hotel, klien bisnis, staf pemerintahan atau organisasi swasta, penduduk lokal, hingga dengan media.

Komunikasi dengan orang-orang tersebut dapat terjadi di mana saja, mulai dari dalam lingkungan kerja, pada back-of-house dan front-of-house, area resepsionis, dalam perjalanan wisata, saat ada penyelenggaraan acara, serta ketika berbicara melalui telepon.

Lalu bagaimana cara berkomunikasi yang efektif?

  1. Setiap pesan yang disampaikan harus memiliki tujuan
  2. Isi pesan semestinya sejalan dengan minat dan kemampuan sang penerima
  3. Kata-kata tidak perlu sebaiknya dihilangkan
  4. Pilihan kata harus berada dalam jangkauan penerima
  5. Pesan verbal harus jelas dan ringkas, menggunakan kata dan pelafalan yang benar serta seirama dengan nada, bahasa, volume, kecepatan bicara yang sesuai.

Selain 5 poin di atas, Kamu juga bisa melakukan hal-hal di bawah ini agar komunikasimu menjadi lebih efektif:

  • Menggunakan gambar atau foto untuk memperjelas maksud
  • Disampaikan dengan bahasa lain selain bahasa Inggris
  • Dicetak...
Yuk masuk sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in


Kamu juga bisa membaca artikel ini di:

Recommended Posts

AJAR in The News