Berbagai Alat Pendukung untuk Komunikasi Staff dengan Tamu

Berbagai Alat Pendukung untuk Komunikasi Staff dengan Tamu

AJAR Hospitality

Berbagai Alat Pendukung untuk Komunikasi Staff dengan Tamu

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebelumnya kita telah memperlajari berbagai komponen pada sistem telepon. Agar komunikasi antara staf dengan tamu bisa terjalin dengan mudah, dibutuhkan berbagai alat komunikasi pendukung lainnya. Nah, apa saja sih alat komunikasi pendukung itu?

1. Telepon Seluler
Telepon seluler bisa membuat dan menerima panggilan dengan menggunakan radio link atau koneksi nirkabel. Jenis telepon ini bisa digunakan dalam jangkauan yang luas untuk mengirim pesan, email, akses internet, aplikasi bisnis, dan fotografi.

Jenis telepon seluler lainnya adalah smart phone yang saat ini digunakan oleh kebanyakan orang. Smart phone bisa digunakan untuk mengendalikan pintu elektronik dan juga melakukan panggilan room service. Kini semakin banyak staf yang menggunakan telepon seluler untuk berkomunikasi dengan staf di departemen lain. Staf housekeeping atau concierge juga bisa menggunakan telepon seluler untuk menerima permintaan dari para tamu.

2. Paging
Sistem paging juga bisa dijadikan pilihan lain yang menarik. Dengan paging, hotel bisa membantu tamunya untuk memberikan pengalaman yang terbaik. Sistem paging menawarkan komunikasi langsung dan diskret untuk staf.

Dengan sistem ini para staf bisa bekerja dari area operasionalnya masing-masing dan masih bisa merespons permintaan dan kebutuhan para tamu dengan cepat. Bahkan alat paging modern ada yang sudah bisa digunakan untuk mengirim pesan, peringatan serta kapasitas penyimpanan sehingga pesan bisa dibaca untuk nanti.

3. Handset dan Headset
Alat pendukung lainnya seperti handset dan headset juga bisa digunakan mempermudah komunikasi. Handset adalah alat yang bisa disambungkan ke telepon dan biasanya digunakan oleh si penerima. Telepon tanpa kabel juga sering digunakan. Telepon jenis ini menggunakan radio transceiver dan base station yang bisa diletakkan di beragam lokasi agar bisa digunakan dengan mudah.

Ukuran headsets bisa disesuaikan dengan ukuran kepala. Dengan begini operator bisa lebih leluasa untuk mencatat sesuatu atau mengoperasikan komputer sambil melakukan panggilan telepon. Ada beberapa macam headsets yang dijual di pasaran saat ini:

  1. Wireless (nirkabel) Bluetooth dan headset dengan kabel.
  2. Headsets dengan sound tube dan mikrofon multi-directional untuk suasana senyap.
  3. Headsets standar dengan mikrofon ultra-noise yang bisa meminimalisir suara berisik.
  4. Headset dengan mono dan dual speaker
  5. Headset yang bisa digunakan dengan dua cara; digunakan pada kepala atau di telinga dengan mengaitkannya di belakang kepala.

Sahabat Ajarian, itulah berbagai alat pendukung yang bisa Kamu gunakan untuk memudahkan berkomunikasi dengan para tamu. Perlu diingat, setiap hotel atau resort biasanya menggunakan alat komunikasi yang berbeda.

Baca juga: Mengenal Jenis Komponen pada Sistem Telepon

Salam Jempol!

By Bunga Mardiriana

Recommended Posts

AJAR in The News