Berbagai Posisi Kerja dalam In-House Laundry Service

Berbagai Posisi Kerja dalam In-House Laundry Service

AJAR Hospitality

Berbagai Posisi Kerja dalam In-House Laundry Service

AJAR.id – Hello Ajarian! Ada banyak staf untuk menyelesaikan semua tugas yang diperlukan di bagian laundry. Staf-staf ini memiliki posisi atau jabatan berbeda tergantung pada tugas yang dikerjakan. Apa saja kah posisi-posisi tersebut? Berikut adalah 11 posisi kerja di bagian laundry:

  1. Sorter, merupakan staf yang bertugas untuk menyortir linen di in-house laundry. Linen perlu disortir menjadi beberapa kategori karena akan dicuci pada suhu dan water level yang berbeda-beda. Sorter juga harus memisahkan sampah yang ditemukan dalam linen dan pakaian, seperti sampah tisu dan sisa makanan. Tanggung jawab lain sorter adalah menimbang linen agar washing machine tidak mengalami overload.
  2. Washmanwashman adalah staf yang bertugas untuk melakukan loading dan unloading linen ke/dari washing machineWashman bisa juga ditugaskan untuk mengoperasikan tumble dryer. Setelah unloading laundry, selanjutnya linen dibawa ke ironing section.
  3. Tumbler dryer operator, yaitu staf yang bertugas melakukan loading dan unloading pada dryer atau mesin pengering.
  4. Feederfeeder adalah petugas yang bertanggung jawab memasukkan bedsheet, pillowcase, dan tablecloth ke mesin flatwork ironer untuk dikeringkan dan dilipat secara otomatis.
  5. Ironer operator, yaitu petugas yang mengambil linen dari flatwork ironer kemudian menumpuknya agar siap didistribusikan ke guest floor dan restoran.
  6. Towel folder, yaitu staf yang bertugas mengoperasikan mesin pengering dan pelipat towel. Staf towel folder juga harus menghitung jumlah towel yang dilipat.
  7. General wash hand, yakni staf yang mengatur sirkulasi kerja pada in-house laundry. General wash hand akan memantau seluruh staf dan membantu ketika ada section tertentu yang membutuhkan bantuan.
  8. Dispatch clerk, dispatch clerk akan memeriksa kuantitas dan kualitas setiap laundry item serta memastikan setiap laundry report sudah diisi sebelum linen didistribusikan ke area hotel. Dispatch clerk juga bisa diberikan tanggung jawab untuk mengantarkan linen ke linen room.
  9. General laundry hand, staf ini bertugas menangani guest laundry, mulai dari memasukkannya ke washing machine, mencocokkan laundry item dengan nama tamu, hingga mengantarkannya kembali ke kamar tamu.
  10. Dry cleaner, staf dry cleaner merupakan staf yang telah berpengalaman dalam proses dry cleaning termasuk spotting dan pressing. Mereka harus memahami jenis-jenis serat kain, tipe kain, noda serta cara menghilangkan noda dengan benar.
  11. Pressers, petugas presser pada in-house laundry bertanggungjawab untuk menyetrika setiap laundry item.

Memproses laundry bukanlah pekerjaan mudah, maka dari itu diperlukan banyak staf untuk terlibat di dalamnya. Setiap posisi kerja memiliki tanggung jawab tersendiri yang sama pentingnya bagi kelangsungan operasional in-house laundry di hotel. Adanya kerja sama alias teamwork yang baik akan mendukung proses kerja berjalan lancar.

Baca juga artikel lainnya: Kelebihan dan Kekurangan Layanan Off-Site Laundry

Salam jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News