Berkontribusi dalam Pengembangan Produk dan Pelayanan di Hotel

Berkontribusi dalam Pengembangan Produk dan Pelayanan di Hotel

Editor AJAR.id

Berkontribusi dalam Pengembangan Produk dan Pelayanan di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebagai staff hotelKamu harus menyadari bahwa kemauan pelanggan saat ini bersifat dinamis yang artinya terus berubah dan berkembang. Selera pelanggan pun berubah seiring dengan berjalannya waktu. Biasanya, apa yang disukai pada tahun ini sudah tidak disukai lagi di tahun depan.

Perubahan yang sangat pesat ini didukung dengan akses internet serta informasi dari televisi atau media lainnya. Maka dari itu, para staff saat ini dituntut untuk berkontribusi dalam pengembangan produk dan pelayanan di hotel.

Nah, berikut ini AJAR.id akan membagikan tips agar Kamu juga bisa ikut berkontribusi untuk mengembangkan produk dan pelayanan di hotel:

1. Memberikan saran sesuai kondisi lapangan beserta alasannya

Saran yang diberikan sesuai dengan kondisi lapangan akan lebih meyakinkan untuk dilakukan perubahan. Saran tersebut bisa meliputi:

  • Ketidakpuasan para tamu
  • Laporan penjualan yang menunjukkan penurunan
  • Kejadian lain yang terjadi di hotel

2. Menyiapkan presentasi yang disertai dengan rekomendasi

Untuk berkontribusi dalam pengembangan produk dan pelayanan di hotel, Kamu bisa menyiapkan presentasi yang disertai dengan rekomendasi. Presentasi ini bisa secara verbal, menggunakan kertas atau PowerPoint. Biasanya, sebuah presentasi memuat:

  • Alasan dilakukannya perubahan
  • Biaya untuk melakukan perubahan
  • Biaya jika tidak melakukan perubahan
  • Detail berisi Action Plan untuk melakukan perubahan, biasanya meliputi:
    • Personil yang terlibat
    • Pelatihan yang diperlukan
    • Ketentuan dan prosedur yang harus diubah
    • Jadwal untuk latihan menerapkan perubahan yang sudah dilakukan
    • Memperkenalkan/menjelaskan perubahan yang sudah dilakukan

3. Membentuk grup untuk mengidentifikasi perubahan yang perlu dilakukan

  • Mengadakan evaluasi pada hotel termasuk kegiatan latihan, produk, dan pelayanan
  • Menganalisis produk dan pelayanan (termasuk fasilitas, ketentuan, prosedur, dan sistem di hotel lainnya)
  • Me-review rencana perubahan yang akan dilakukan

4. Membentuk grup untuk mengembangkan ide perubahan

Di dalam grup, Kamu bisa melakukan beberapa kegiatan ini untuk mendapatkan ide perubahan:

  • Brainstorming – teknik untuk mengumpulkan ide dari sebuah masalah
  • Lateral thinking – memberikan ide yang tak biasa atau out of the box
  • Mengkritik usulan dari anggota grup lainnya

Namun, ada kalanya ide perubahan tidak diterima oleh hotel. Hal itu disebabkan karena hotel takut kehilangan kepercayaan para tamu terkait dengan pelayanan, standar pelayanan dan operasional.

Tidak semua tamu menyukai hal yang sama dalam jangka waktu lama. Para tamu saat ini cenderung menginginkan sesuatu yang baru. Apa yang sudah mereka lihat dan alami di tempat lain, mereka juga ingin mengalaminya di tempatmu.

Baca juga: Sikap dan Tanggung Jawab Hotelier dalam Menyelesaikan Masalah di Hotel

Salam Jempol!

By Bunga Mardiriana

 

Recommended Posts

AJAR in The News