Candi Ijo, Eksotisme Wisata Heritage di Yogyakarta

Candi Ijo, Eksotisme Wisata Heritage di Yogyakarta

Editor AJAR.id

Candi Ijo, Eksotisme Wisata Heritage di Yogyakarta

Keindahan Candi Ijo memiliki ekostime sebagai obyek wisata heritage di Yogyakarta. Sebagai obyek wisata heritage, Candi Ijo memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Candi Ijo yang merupakan candi Hindu ini, terletak di deretan obyek-obyek heritage lain seperti Candi Ratu Boko dan Candi Prambanan.

Kompleks Candi Ijo ini diperkirakan berdiri pada abad 10 Masehi di atas bukit atau Gumuk Ijo pada periode Kerajaan Mataram kuno. Mungkin itulah kenapa candi ini dinamakan Candi Ijo. Struktur bangunan Candi Ijo sebenarnya ada 17 bangunan yang terbagi dalam 11 teras berundak. Namun saat ini sebagian masih dalam proses rekonstruksi, meskipun hal tersebut tak mengurangi keindahan Candi Ijo ini.

Di samping sebagai wisata heritage di Yogyakarta, kompleks Candi Ijo yang berbentuk teras berundak, banyak yang menjadikannya rute untuk bersepeda. Bagi penghobi sepeda, rute ke Candi Ijo cukup menantang dengan memberikan keindahan pemandangan selama perjalanan.

Kini kompleks Candi Ijo ini menjadi salah satu tempat berswafoto (selfi). Meskipun banyak spot selfi lainnya seperti Pantai NgedenGunung IrengWatu Payung di Gunung Kidul, dan lain sebagianya.

Keindahan Candi Ijo yang merupakan obyek wisata heritage di Yogyakarta

Untuk menuju kompleks Candi Ijo ini, pengunjung hanya perlu menempuh kurang lebih 20 menit dari Bandara Adisucipto Yogyakarta. Meskipun berada pada ketinggian sekitar 410 mdpl, akses jalan yang sudah bagus menjadikan tempat tersebut mudah untuk dijangkau.

Memasuki kompleks Candi Ijo, Kamu bisa langsung menuju ke arah tangga naik menuju candi kira-kira sekitar 3-4 meter. Sesampainya di atas, Kamu akan disuguhi tiga bangunan Candi Perwara. Candi ini masih berdiri tegak dan satu candi induk di atas hamparan rumput hijau yang menyejukkan mata karena terawat rapi. Kamu bisa duduk-duduk di sana sepuasnya sambil berfoto-foto dengan latar belakang Candi Ijo yang eksotis.

Di dalam candi-candi induk terdapat beberapa relief yang bisa kita lihat dengan jelas. Bagi yang suka sejarah, tentu ini sangat menarik. Ketika kita beranjak menuju halaman candi, Kamu bisa mengambil posisi di atas talud sebelah barat candi, dari sana Kamu dapat memanjakan mata dengan memandang hamparan luas lembah nan hijau.

Di samping sebagai obyek wisata heritage, karena letak Candi Ijo yang tinggi ini menjadikannya tempat ideal untuk menikmati view Yogyakarta dari ketinggian. Tidak hanya itu, jika cuaca cerah di sore hari, Kamu juga dapat menikmati indahnya matahari tenggelam di ufuk barat Yogyakarta.

in collaboration with Jogjatravel.id

Recommended Posts

AJAR in The News