Cara Housekeeping Menjelaskan Product dan Service ke Tamu

Cara Housekeeping Menjelaskan Product dan Service ke Tamu

Editor AJAR.id

Cara Housekeeping Menjelaskan Product dan Service ke Tamu

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebagai karyawan hotel, Kamu harus selalu siap melayani permintaan tamu dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Tamu bisa membutuhkan bantuanmu kapan saja dan di mana saja, baik lewat telepon maupun secara langsung

Ada tamu yang sudah terbiasa menginap di hotel sehingga bisa langsung menjelaskan apa yang mereka butuhkan, namun ada juga tamu first-timer alias belum pernah menginap sama sekali di hotel.

Nah, tamu seperti ini biasanya masih ragu dan belum tahu, product dan service apa saja yang bisa mereka minta. Di sinilah tugasmu untuk menjelaskan product dan service apa saja yang tersedia di hotel tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Berikan informasi yang akurat seputar pertanyaan tamu, jelaskan pula product dan service yang bisa mereka minta, seperti:
  • Extra bed, blanket, pillow, towel
  • Handuk mandi
  • Keset lantai
  • Extra soap, shampoo, conditioner
  • Extra tea, coffee, sugar, dan milk
  • Termos listrik
  • Hair dryer
  • Toaster
  • Alat setrika beserta alas
  • Kamar yang harus dilakukan re-vacuumed
  • Area yang perlu dilakukan re-cleaned
  • Kasur untuk dirapikan lagi (re-make bed).
  1. Kalau perlu, mintalah staf lain yang lebih berpengalaman untuk menjelaskan ke tamu.
  2. Agar tamu semakin paham, sediakan informasi yang tercetak dalam bentuk brosur, flyer, daftar menu, peta, dan materi cetak lain yang relevan.
  3. Sampaikan bahwa tamu juga bisa meminta bantuan Housekeeping terkait cara mengoperasikan televisi, AC, heater, atau brankas di kamar.
  4. Follow up apa saja yang diminta tamu, misal memesankan meja di restoran untuk dinner.

Sahabat Ajarian, dengan menjelaskan product dan service yang tersedia, Kamu akan membuat tamu semakin nyaman selama menginap di hotel. Tak hanya itu, Kamu juga sekaligus mempromosikan product dan service dan secara tidak langsung meningkatkan penjualan hotel.

Baca juga: Apa Saja yang Harus Dilakukan saat Final Room Check?

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News