Cara Melakukan Backup Data-Data Penting

Cara Melakukan Backup Data-Data Penting

Editor AJAR.id

Cara Melakukan Backup Data-Data Penting

AJAR.id – Halo Ajarian! Setelah melakukan penyimpanan data, hal selanjutnya yang wajib Kamu lakukan adalah melakukan pencadangan atau backup terhadap data-data penting.

Melakukan backup data dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari membuat salinan cetak (print), multiplatform backup, hingga pencadangan online.

Untuk dokumen-dokumen yang bersifat jurnal atau catatan data korporasi, Kamu diwajibkan untuk membuat salinan cetak dengan menggunakan mesin printer. Selain sebagai sarana dokumentasi, hal ini merupakan salah satu sarana pencadangan data.

Data yang sudah dicetak di atas kertas sudah tidak lagi merupakan data digital, dan sudah tidak terpengaruh akan segala permasalahan digital. Akan tetapi, data-data tersebut cenderung rentan akan kerusakan atau kehilangan secara fisik.

Oleh karena itu, print out yang dibuat secara cetak harus pula memiliki salinan data digitalnya. Salinan data tersebut pun jangan hanya dilakukan pada satu perangkat saja, melainkan dilakukan ke dalam beberapa perangkat penyimpanan sekaligus (multiplatform).

Proses pencadangan dapat dilakukan dengan membuat beberapa folder terpisah yang tersebar di beberapa lokasi penyimpanan. Misalnya seperti penyimpanan satu folder dokumen yang dilakukan di drive penyimpanan Document, D:, E:, flash disk, atau online.

Dewasa ini sudah marak digunakan sistem penyimpanan online dengan kapasitas penyimpanan yang beragam. Misalnya, google drive memiliki kapasitas penyimpanan bawaan sebesar 15 GB.

Kamu tentu dapat menambah kapasitas penyimpanan tersebut dengan memanfaatkan layanan berbayar yang disediakan. Nominal harga dan jangka pembayarannya pun disesuaikan dengan kapasitas penyimpanan yang akan Kamu gunakan.

Kapasitas penyimpanan berbayar yang disediakan pun bervariasi. Mulai dari peningkatan hingga 100 GB hingga 30 TB dengan nominal harga bulanan yang berbeda-beda (sesuai dengan peningkatan kapasitas yang diinginkan).

Untuk kegiatan korporasi atau industri biasanya pihak manajemen sudah menggunakan layanan peningkatan berbayar tersebut. Kamu hanya perlu menggunakannya sebagai langkah pencadangan data-data penting industri.

Ternyata opsi pencadangan data secara online ini semakin diminati oleh sebagian besar korporasi. Selain karena penyimpanan tidak memakan kapasitas hard disk, faktor sekuritas (keamanan) terhadap akses data juga menjadi alasan pemilihan pencadangan ini.

Secara prosedural semua data yang berkaitan dengan kegiatan industri tidak diperkenankan untuk dapat diakses oleh pihak luar atau yang tidak berkepentingan. Dalam hal ini Kamu pun berkewajiban untuk menjaga kerahasiaan data-data penting perusahaan yang Kamu kelola.

Proses yang telah disebutkan di atas sekiranya dapat membantumu dalam menjaga dan mengelola penyimpanan data-data penting industri tempatmu bekerja.

Baca juga: Cara Memastikan Ketepatan Informasi Data

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News