Cara Melakukan Backup Data-Data Penting

Cara Melakukan Backup Data-Data Penting

AJAR Hospitality

Cara Melakukan Backup Data-Data Penting

AJAR.id – Halo Ajarian! Setelah melakukan penyimpanan data, hal selanjutnya yang wajib Kamu lakukan adalah melakukan pencadangan atau backup terhadap data-data penting.

Melakukan backup data dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari membuat salinan cetak (print), multiplatform backup, hingga pencadangan online.

Untuk dokumen-dokumen yang bersifat jurnal atau catatan data korporasi, Kamu diwajibkan untuk membuat salinan cetak dengan menggunakan mesin printer. Selain sebagai sarana dokumentasi, hal ini merupakan salah satu sarana pencadangan data.

Data yang sudah dicetak di atas kertas sudah tidak lagi merupakan data digital, dan sudah tidak terpengaruh akan segala permasalahan digital. Akan tetapi, data-data tersebut cenderung rentan akan kerusakan atau kehilangan secara fisik.

Oleh karena itu, print out yang dibuat secara cetak harus pula memiliki salinan data digitalnya. Salinan data tersebut pun jangan hanya dilakukan pada satu perangkat saja, melainkan dilakukan ke dalam beberapa perangkat penyimpanan sekaligus (multiplatform).

Proses pencadangan dapat dilakukan dengan membuat beberapa folder terpisah yang tersebar di beberapa lokasi penyimpanan. Misalnya seperti penyimpanan satu folder dokumen yang dilakukan di drive penyimpanan Document,...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

AJAR in The News


DTA Square
Babarsari, Caturtunggal
Depok, Kab. Sleman
Daerah Istimewa Yogyakarta
55281 - Indonesia

Subscribe to our newsletter