Cara Melayani Klaim Lost & Found Jarak Jauh (Distant Claimant)

Cara Melayani Klaim Lost & Found Jarak Jauh (Distant Claimant)

Editor AJAR.id

Cara Melayani Klaim Lost & Found Jarak Jauh (Distant Claimant)

AJAR.id – Hello Ajarian! Setiap barang lost and found tentu harus dicarikan pemiliknya agar bisa dikembalikan (baca juga: Langkah-langkah Mencari Pemilik Barang Tertinggal di Hotel). Akan tetapi, bagaimana jika sang pemilik ternyata berada di luar kota atau luar negeri sehingga tidak memungkinkan untuk kembali ke hotel demi mengambil barangnya? Bila situasinya seperti ini, berarti lost & found item harus dikirimkan dengan jasa ekspedisi.

Lalu bagaimana langkah-langkahnya mengirimkan item menggunakan jasa ekspedisi?

Berikut ini langkah-langkah mengirimkan item menggunakan jasa ekspedisi:

  1. Verifikasi data pemilik – Kamu bisa mengecek data pada Guest History atau menanyakan ciri-ciri barang. Pelajari selengkapnya dalam artikel 3 Langkah Melakukan Verifikasi Pemilik Barang Lost and Found.
  2. Identifikasi barang – berdasarkan informasi dari pemilik, temukan data barang yang dimaksud pada lost and found register lalu carilah pada lost and found storage (baca juga: Proses Klaim Barang Lost and Found).
  3. Menentukan metode pengiriman – tanyakan tamu melalui jasa ekspedisi apa barang ingin dikirimkan. Jelaskan juga biaya yang harus dibayarkan, termasuk asuransi barang, biaya packaging/handling, dan biaya lainnya. Jangan lupa pula untuk memberitahu estimasi barang akan tiba (ETA).
  4. Detail contact – mintalah rincian penerima barang berupa nama lengkap, alamat beserta kode pos, dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Kamu juga bisa menggunakan data pada Guest History.
  5. Kemas item yang akan dikirim – pengemasan item harus dilakukan dengan benar untuk melindungi barang tersebut terutama jika item bernilai tinggi. Tuliskan alamat penerima pada barang yang telah dibungkus.
  6. Mengirimkan lewat jasa ekspedisi sesuai persetujuan – Kamu bisa menghubungi kurir untuk mengambil barang atau mengantarkannya langsung ke kantor pengiriman barang. Mintalah bukti pengiriman/resi dan beritahukan tamu bila barang sudah dikirim.
  7. Update lost and found register – setelah barang sudah dipaketkan, perbaharui data pada lost and found register, meliputi data alamat pengiriman, nama jasa ekspedisi, biaya, tanggal dan waktu pengiriman, serta rincian lainnya seperti nomor resi atau data asuransi barang.

Sahabat Ajarian, itulah langkah-langkah dalam melayani klaim Lost & Found jarak jauh (Distant Claimant). Dalam melakukan setiap prosesnya Kamu harus selalu melakukan dengan baik, terutama pada saat packing karena ketika tamu mendapatkan item-nya kembali dengan keadaan baik dan rapih, dia akan mengapresiasi staf hotel tersebut dan tidak akan ragu dan khawatir lagi untuk menginap di hotelmu.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News