Cara Memastikan Ketepatan Informasi Data

Cara Memastikan Ketepatan Informasi Data

Editor AJAR.id

Cara Memastikan Ketepatan Informasi Data

AJAR.id – Halo Ajarian! Mengorganisir penyimpanan data merupakan hal yang penting, terlebih ketika Kamu akan mengakses salah satu data yang telah tersimpan. Apakah format penyimpanan telah sesuai dengan jenis data? Apakah penamaan data sudah sesuai?

Sebagai kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang Menyimpan Data dengan Sistem Komputasi Offline, kali ini Kamu akan belajar cara memastikan ketepatan informasi data yang akan Kamu simpan.

Sebagai contoh, ketika Kamu akan menyimpan pekerjaanmu dalam aplikasi word, Kamu akan mendapatkan pilihan jenis format penyimpanan seperti word document, word template, word 97-2003 document, Rich Text Format, PDF, dsb.

Pemilihan format harus sesuai dengan instruksi yang diberlakukan di area kerjamu. Hal ini demi menanggulangi keterbatasan akses data atau perubahan pengaturan isi data ketika dokumen tersebut dibuka menggunakan versi aplikasi yang berbeda.

Misalnya ketika Kamu membuat laporan dengan menggunakan aplikasi Ms Word 2016 dan hasil kerjamu tersebut Kamu kirimkan ke pihak pimpinan yang ternyata masih menggunakan versi terdahulu, sudah tentu akan terjadi perubahan format penulisan pada saat diakses.

Oleh karena itu, konfirmasikan terlebih dahulu format data yang akan Kamu pilih sebelum melakukan penyimpanan.

Selain itu, memastikan ketepatan penamaan pada file dokumen merupakan hal yang tidak boleh Kamu abaikan. Dengan penamaan yang tidak tepat atau salah penulisan, tidak menutup kemungkinan Kamu akan kesulitan dalam menata dokumen-dokumen tersebut.

Setiap dokumen yang Kamu tulis akan secara otomatis memiliki keterangan waktu pembuatan dan penyimpanan. Hal ini dapat pula Kamu manfaatkan dalam melakukan pengecekan data bila terjadi kesalahan penamaan data dan melakukan perbaikan.

Penamaan dokumen atau data pekerjaan memiliki aturannya masing-masing sesuai dengan kebijakan yang diberlakukan di setiap area kerja. Hal tersebut pada dasarnya bertujuan untuk membantumu dalam mengelola dan mengakses kembali data-data tersebut.

Baca juga: Opsi Penyimpanan Data

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News