Cara Membasmi dan Mencegah Hama di Area Hotel dan Restoran

Cara Membasmi dan Mencegah Hama di Area Hotel dan Restoran

Editor AJAR.id

Cara Membasmi dan Mencegah Hama di Area Hotel dan Restoran

AJAR.id – Hello Ajarian! Hama, tikus dan serangga termasuk salah satu permasalahan di industri hospitality. Pasalnya, para pelanggan tentu saja akan terkejut jika melihat kecoak dan tikus muncul di area hotel atau restoran. Hal tersebut akan membuat mereka menerka-nerka mengenai kondisi di dapur, apakah sama atau malah lebih parah. Akibatnya, hotel pun mengalami kerugian.

Hama dan tikus bisa menyebabkan penurunan stok makanan. Seperti hama kutu yang menyerang dry food dan membuatnya tak bisa digunakan lagi. Contoh lainnya adalah tepung yang terkontaminasi air seni hama atau tikus. Meski air seni tersebut sudah mengering dan tak terlihat, tepung tersebut tetap saja sudah tak bisa digunakan.

Kerugian yang dialami akan semakin besar bila masalah ini terus terjadi. Belum lagi jika masalah ini terekspos di media. Dalam kasus terburuk, hotel bisa mengalami pailit.

Hama juga bisa menyebabkan kerusakan fisik seperti merusak tembok, pipa hingga kabel listrik. Salah satu contohnya adalah tikus yang memakan kabel listrik dan mengakibatkan gangguan kelistrikan.

Upaya pembasmian hama tidak akan efektif jika hanya dilakukan sekali dalam setahun. Pembasmian hama harus dilakukan secara terintegrasi dan berkelanjutan. Berikut ini adalah tiga elemen yang harus ada dalam program pembasmian hama:

Physical exclusion of pests – juga dikenal sebagai ‘Build them out’ meliputi:

  1. Memeriksa bahan makanan yang baru saja diantar untuk mencegah adanya hama yang masuk
  2. Pastikan ukuran flywire (penangkap lalat) sesuai dengan ukuran pintu dan jendela
  3. Menutup lubang pada pipa yang bisa menjadi akses hama
  4. Tak memperbolehkan binatang masuk ke area restoran

Chemical dan mechanical control – juga dikenal sebagai ‘Chase them out’ meliputi:

  1. Electronic insect killer
  2. Air curtain
  3. Jebakan serangga atau tikus
  4. Tempat umpan
  5. Spray hama atau serangga

Sound housekeeping practices – juga dikenal sebagai ‘Starve them out’ yaitu:

Memastikan pekerjaan housekeeping berjalan dengan baik dan benar. Pekerjaan housekeeping sendiri meliputi membersihkan peralatan memasak dan makanan, lantai dan area lainnya agar bersih dari sisa-sisa makanan yang menjadi sasaran hama. Maka dari itu, penting untuk melatih para staf untuk memeriksa peralatan memasak dan makanan secara menyeluruh.

Bersihkan sampah yang sekiranya bisa menjadi sarang hama. Pastikan untuk menyimpan bahan makanan di wadah yang aman. Segera lakukan perbaikan bila terjadi kerusakan yang bisa menjadi sarang hama. Kamu bisa melaporkannya pada pihak manajemen agar bisa ditangani secara langsung.

Selalu waspadai keamanan pangan dan keselamatan di tempat kerja. Kamu bisa bercermin dari pengalaman agar bisa mencegah terjadinya resiko keselamatan di tempat kerja. Ketika melakukan housekeeping, gunakan bahan-bahan yang sekiranya bisa mencegah datangnya hama ke area makanan.

Baca juga: Cara Mencegah Kontaminasi dalam Pengolahan Makanan

Salam Jempol!

By Bunga Mardiriana

Recommended Posts

AJAR in The News