Cara Membersihkan Area Hotel dengan Metode Dusting dan Polishing

Cara Membersihkan Area Hotel dengan Metode Dusting dan Polishing

Editor AJAR.id

Cara Membersihkan Area Hotel dengan Metode Dusting dan Polishing

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Lingkup kerja yang menjadi tanggung jawab Housekeeping di hotel untuk dibersihkan ada banyak sekali. Bila di artikel sebelumnya sudah AJAR.id bahas tentang Cara Membersihkan Furnitur KulitCara Membersihkan Kaca hingga Cara Membersihkan Lapisan Kain Pada Furnitur, kali ini pun topiknya masih berhubungan yaitu cara membersihkan area hotel dengan metode dusting dan polishing. Mari kenali lebih lanjut kedua metode tersebut!

Dusting

Apakah yang dimaksud dengan dusting? Dusting adalah proses pembersihan dengan mengumpulkan debu-debu hingga ke partikel terkecilnya. Teknik dusting dilakukan setiap hari. Staf Housekeeping biasanya melakukan dusting di awal shift atau mobile alias berkeliling area hotel. Melakukan pembersihan dengan cara dusting cukup memakai lap microfiber.

Apa saja langkah-langkahnya?

  • Pertama, periksalah bagian yang akan dibersihkan dengan cara dusting seperti jendela, lampu, telepon, plafon (cek apakah ada sarang laba-laba), serta seluruh furnitur lain di hotel.
  • Selanjutnya, usap objek tersebut dengan lap microfiber. Kain lap harus dalam kondisi lembap agar debu-debu bisa terangkat seluruhnya.
  • Mulailah membersihkan dari satu titik terlebih dulu lalu lanjut ke titik lain yang masih di area atau ruangan yang sama, misalnya searah jarum jam.
  • Khusus untuk ceiling, proses dusting dilakukan menggunakan lap microfiber yang dipasangkan ke telescopic pole.
  • Usap seluruh area ceiling hingga tiap sudutnya, perhatikan juga apakah ada bagian yang harus ditangani oleh petugas pest control.
  • Sapu area di bawah ceiling, karena kotoran dari proses dusting pasti berjatuhan ke lantai. Kumpulkan kotoran menggunakan dust pan, lalu buanglah ke dust bin.

Polishing

Teknik polishing adalah teknik membersihkan area hotel terutama yang terbuat dari marmer. Pada teknik ini kamu membutuhkan mesin polisher tipe low (khusus indoor). Sedangkan mesin polisher tipe high diperuntukkan bagi permukaan lebih keras seperti conblock.

Untuk bahan pembersih, kamu memerlukan yellow powder dan teranova. Yellow powder berbentuk serbuk alami untuk mineralisasi marmer sementara teranova berbentuk cairan untuk proses kristalisasi. Bagaimana tahapan teknik polishing yang benar?

  • Pertama, isi tangki air pada mesin polisher. Nantinya air akan disemprotkan melalui nozzle untuk membersihkan objek
  • Kedua, taburkan yellow powder di permukaan yang akan dibersihkan. Untuk teranova, cairan cukup disemprotkan saja langsung ke lantai.
  • Mulailah mengoperasikan mesin polisher. Hati-hati ya, karena cukup sulit mengendalikan mesin ini. Mintalah arahan supervisormu atau staf ahli lain.
  • Gerakkan mesin secara memutar pada objek yang kamu bersihkan setidaknya 30 kali putaran. Perhatikan apakah permukaan sudah cukup kinclong, barulah berpindah ke sisi lain.

Sahabat Ajarian sekarang sudah tahu kan metode dusting dan polishing. Selanjutnya baca juga Cara Membersihkan Area Hotel dengan Metode Vacuuming.

Salam jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News