Cara Membuat Kopi dengan Mesin Espresso

Cara Membuat Kopi dengan Mesin Espresso

Editor AJAR.id

Cara Membuat Kopi dengan Mesin Espresso

AJAR.id – Halo Ajarian! Setelah Kamu mempelajari berbagai jenis pembuatan minuman teh, kini saatnya untuk mengetahui lebih banyak mengenai pembuatan minuman kopi. Kamu sudah pasti tahu yang disebut kopi espresso bukan? Bagaimana cara membuatnya?

Sebenarnya ketika Kamu akan membuat minuman kopi, Kamu dapat menggunakan berbagai macam cara dan peralatan, dan kali ini AJAR.id akan menunjukkan kepadamu cara membuat kopi espresso dengan mesin espresso.

Namun sebelumnya, perlu dulu Kamu ketahui konsep dasar pembuatan minuman kopi mulai dari yang paling sederhana, entah itu yang menggunakan bahan minuman sachet atau yang menggunakan peracikan tradisional.

Ketika Kamu akan membuat minuman kopi dengan menggunakan mesin espresso, Kamu wajib memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

  1. Lepaskan gagang penakar dari bagian mesin kopi, lalu bersihkan dari sisa ampas kopi yang kemungkinan masih tertinggal di dalamnya.
  • Beberapa peracik kopi atau industri sengaja membiarkan sisa ampas tetap tertinggal pada bagian penyaring hingga pembuatan kopi berikutnya dengan maksud agar suhu dan kelembapan di dalam mesin tetap terjaga;
  • Namun tidak jarang pula yang menganjurkan untuk segera membersihkan sisa ampas dari penyaring, dan semua itu bergantung pada peraturan yang diberlakukan di industri tempatmu bekerja.
  1. Bersihkan wadah penampung kopi dengan menggunakan kain atau lap pembersih yang telah tersedia dan pastikan bahwa wadah tersebut benar-benar bersih.
  • Kamu tidak selalu harus mencuci wadah penampung kopi karena terkadang air dari pencucian yang tidak dikeringkan akan berpengaruh pada proses pembuatan kopi itu sendiri;
  • Bila Kamu mencuci wadah tersebut dengan air, pastikan Kamu mengelapnya hingga kering.
  1. Pasang kembali gagang penakar dan pastikan bahwa gagang tersebut terpasang dengan benar sesuai dengan indikator takaran pembuatannya.
  2. Masukkan kopi ke dalam wadah penakar dan tentukan takaran kopi yang akan Kamu buat.
  3. Pastikan bahwa kadar kopi sudah sesuai dengan takaran pembuatan sebelum Kamu mengunci gagang penakar.
  4. Bersihkan bagian mulut penampung dan lubang gagang, kemudian nyalakan mesin pemanas air.
  5. Tekan tombol ‘start’ untuk memulai proses ekstraksi kopi yang kemudian akan berlangsung sekitar kurang lebih setengah menit sebelum minuman kopi espresso disajikan.

Hal yang perlu Kamu ingat adalah bahwa terdapat banyak sekali jenis mesin espresso yang tersedia di luaran sana dan yang digunakan oleh masing-masing industri perhotelan. Petunjuk yang disampaikan di atas hanya berupa gambaran umum penggunaan mesin.

Untuk mesin-mesin yang menggunakan sistem digital atau otomatis tentu akan membutuhkan cara yang sedikit berbeda, dan tentunya Kamu pun akan terlebih dahulu diberikan arahan penggunaan sebelum menggunakannya.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Tetap semangat dan terus belajar!

Baca juga: Perlengkapan Penyajian Kopi dan Teh

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News