Cara Memeriksan Kelayakan dan Kelengkapan Pembuatan Minuman

Cara Memeriksan Kelayakan dan Kelengkapan Pembuatan Minuman

Editor AJAR.id

Cara Memeriksan Kelayakan dan Kelengkapan Pembuatan Minuman

AJAR.id – Halo Ajarian! Salah satu tanggung jawab yang diberlakukan oleh setiap industri perhotelan dalam penyajian minuman adalah memeriksa kelayakan dan kelengkapan pembuatan minuman tersebut.

Dalam hal ini, Kamu wajib untuk memeriksa setiap hal yang berkaitan dengan pembuatan teh maupun kopi. Apakah semua bahan dan peralatan yang akan digunakan tersedia, serta bagaimana kondisinya?

Selain untuk memaksimalkan kualitas pelayanan yang akan Kamu berikan kepada pelanggan, hidangan minuman yang Kamu sajikan kepada mereka pun harus memiliki daya tarik tersendiri dengan membuat penampilan luarnya semenarik mungkin.

Kenyataannya, para pelanggan yang memesan suatu menu akan terlebih dahulu memberikan perhatian mereka kepada tampilan sajian yang dihidangkan di atas meja, baru setelah itu mereka akan melakukan penilaian terhadap kualitas rasa dari menu pesanan.

Memeriksa Perlengkapan Sajian

Kamu wajib untuk memastikan secara langsung:

  • Semua perangkat yang akan digunakan untuk menyajikan minuman dalam kondisi bersih, berfungsi, dan layak (tanpa cacat);
  • Peralatan yang akan Kamu gunakan sudah sesuai dengan jenis minuman dan pelayanan yang akan diberikan kepada pelanggan;
  • Ketersediaan bahan dan stok minuman, khususnya yang akan dipesan oleh pelanggan;
  • Penataan semua peralatan yang akan digunakan sudah benar dan sesuai prosedur atau standar pelayanan yang diberlakukan di industri.

Memeriksa Kelengkapan Menu

Sama halnya dengan perlengkapan sajian, dalam memeriksa kelengkapan menu Kamu wajib untuk:

  • Memastikan bahwa semua jenis sajian yang terdapat di dalam menu tersedia, bila terdapat kekosongan stok akan suatu menu, pastikan bahwa pelanggan mengetahuinya dengan memberikan tanda khusus dalam daftar menu;
  • Memastikan bahwa pesanan atau permintaan khusus terhadap suatu menu oleh pelanggan telah benar-benar diberikan;
  • Semua kelengkapan meja makan (atau fasilitas food and beverange) telah tersedia dan tertata rapi sesuai standar yang berlaku.

Baca juga: Dari Kopi Tubruk Hingga Menjadi Es Kopi

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News