Cara Menangani Konflik Karyawan di Hotel

Cara Menangani Konflik Karyawan di Hotel

AJAR Hospitality

Cara Menangani Konflik Karyawan di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Seperti yang telah kita ketahui bahwa di dalam menangani sebuah konflik haruslah hati-hati karena rentan menjadi besar. Siapa yang harus menangani jika terjadi konflik di unit hotel? Jawabannya adalah semua karyawan yang berada di dalam unit hotel tersebut. Tentu saja, masing-masing karyawan mempunyai peranan sendiri-sendiri berdasarkan tingkatan atau level kewenangannya.

Level 1 : Sesama Staf (Rekan Kerja)

Pada level pertama ini, fungsi rekan kerja hanya sebagai media penengah awal. Rekan kerja hanya berusaha untuk mendamaikan kedua belah pihak yang berkonflik. Apa yang bisa dilakukan rekan kerja untuk memadamkan konflik?

  1. Ajak bicara kedua belah pihak yang berkonflik, mungkin dengan ngopi-ngopi bareng agar suasana konflik yang panas berubah menjadi sejuk atau istilah lainnya cooling down. Jadilah pendengar yang baik, biarkan temanmu yang sedang berkonflik itu menceritakan kejadiannya walau terjadi dua versi (masing-masing pihak yang berkonflik mempunyai cerita yang berbeda).
  2. Setelah semua pihak menceritakan kejadian versi masing-masing dan kemudian, berilah nasihat yang baik (tetapi jangan men-justice) agar mereka berdamai dan bersalaman.
  3. Bila acara ngopi bareng gagal, dan mereka masih berkonflik maka selanjutnya adalah ciptakan kondisi yang netral buat dirimu. Jadi kamu tidak merasa berada di...
Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News