Cara Mencatat Found Items di Hotel

Cara Mencatat Found Items di Hotel

AJAR Hospitality

Cara Mencatat Found Items di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Barang tak bertuan yang ditemukan di area hotel disebut sebagai found items. Ketika Kamu menemukan barang tersebut, prosedur yang benar adalah melaporkannya ke bagian front office untuk dilakukan pendataan. Setelah barang didata, nantinya akan dicocokkan apakah sudah ada laporan kehilangan atas barang tersebut atau belum. Bila tidak ada, maka found items disimpan dalam penyimpanan khusus lost and found.

Ketika input data barang, pastikan Kamu menuliskannya dengan jelas agar mudah dibaca orang lain. Informasi wajib ditulis secara akurat dalam bahasa yang mudah dipahami. Untuk memahami cara mencatat data found items yang benar, simak yuk penjelasan di bawah ini!

  1. Penemu barang (finder) – catat data finder yaitu nama lengkap dan nomor telepon staf yang menemukan. Bila finder adalah tamu, mereka tidak diwajibkan untuk memberikan data tersebut dan Kamu tidak berhak memaksanya.
  2. Lokasi – setiap ada penemuan barang, lokasi penemuannya wajib dicatat dengan rinci, contoh: ‘di kamar 808 dekat vas bunga merah’ atau ‘di bawah meja nomor 5 di restoran’
  3. Tanggal dan waktu – tuliskan nama hari, tanggal dan waktu di mana barang ditemukan. Keterangan waktu harus jelas dengan sistem waktu 24 jam maupun 12 jam.
  4. Deskripsi barang – ciri-ciri barang perlu dijelaskan dengan lengkap dan spesifik dimulai dari:
    • Nama benda secara umum (botol minum, tas jinjing, jam tangan, dll.)
    • Nama merek, model, seri (contoh: merek AJAR seri A08)
    • Tanda khusus/ciri khas (contoh: goresan di bagian bawah, retak pada layar, casing polkadot)
    • Ukuran, warna, bentuk, dan bahan (contoh: dompet kulit kecil warna cokelat)
  5. Nomor urut – setelah found items didata, maka akan diberi nomor agar mudah dicari. Nomor urut juga disertakan dengan label/tag yang bertuliskan informasi singkat mengenai found items. Pemberian label/tag pada barang bisa dengan cara diikat tali, ditempel, atau diikat menggunakan karet.
  6. Tanda tangan – sebagai bukti bahwa finder mengakui barang tersebut ditemukan olehnya dan informasi yang diberikan sudah benar.

Sahabat Ajarian, keenam poin di atas wajib Kamu tuliskan saat mendata laporan penemuan barang di hotel. Fungsi pendataan ini yaitu untuk mempermudah mencari pemilik barang, memastikan agar barang tidak saling tertukar bila ada yang serupa, dan agar mudah dicari dari lemari penyimpanan saat ada klaim barang. Selain pendataan found items.

Baca juga: Cara Menjelaskan Fasilitas Lost and Found pada Tamu

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News