Cara Mengatasi Keterbatasan Bahasa saat Berkomunikasi

Cara Mengatasi Keterbatasan Bahasa saat Berkomunikasi

Editor AJAR.id

Cara Mengatasi Keterbatasan Bahasa saat Berkomunikasi

AJAR.id – Hello Ajarian! Bekerja di dunia perhotelan membuatmu harus siap dalam menghadapi tamu dari berbagai negara. Tidak setiap tamu asing bisa berbahasa Inggris, lho. Kamu harus mampu melayani mereka terlepas dari keterbatasan bahasa yang ada.

Pertama-tama, ketahui dulu bahasa apa yang digunakan tamu: apakah Bahasa Inggris, Melayu, Mandarin atau Jerman? Setelah itu, barulah kembangkan kalimat-kalimat yang perlu digunakan. Kalimat dasar yang perlu Kamu ketahui yaitu seputar:

  • Menyapa tamu – untuk memberikan sapaan yang benar sesuai waktu, termasuk saat melepas kepergian tamu.
  • Memberikan petunjuk arah – contohnya arah ke restoran, bar, swimming pool, hingga ke destinasi wisata.
  • Memberikan instruksi sederhana – cara menggunakan telepon atau cara mengoperasikan fasilitas kamar.
  • Menjawab pertanyaan – misalnya pertanyaan terkait ketersediaan kamar, atau tentang produk dan servis yang disediakan hotel.
  • Melayani tamu – bagaimana cara melayani tamu sesuai posisi kerja dan tanggung jawab pekerjaanmu.
  • Menjelaskan produk dan servis hotel – sebagai contoh, seorang waiter harus mampu menjelaskan rasa, bahan baku, porsi, hingga aroma makanan.

Latih dirimu untuk mengingat dan mengucapkan kalimat-kalimat tersebut, sehingga Kamu bisa berkomunikasi dengan lancar saat tiba waktunya...

Yuk daftar GRATIS sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in

Recommended Posts

AJAR in The News