Cara Mengepel Permukaan Lantai di Area Hotel

Cara Mengepel Permukaan Lantai di Area Hotel

Editor AJAR.id

Cara Mengepel Permukaan Lantai di Area Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Salah satu upaya untuk menjaga kebersihan sebuah area di hotel adalah dengan cara mengepelnya. Mengepel lantai akan menghilangkan kotoran dan noda yang menempel di atas permukaan lantai.

Proses mengepel umumnya dilakukan pada hard floors atau permukaan lantai yang keras, contohnya seperti lantai kayu, marbel, keramik, granit, teraso, dll.

Seperti apa cara mengepel permukaan lantai dengan benar? Ikuti cara berikut yuk!

  1. Pilih mop yang sesuai kemudian isi mop bucket dengan air hangat lalu campur dengan chemical untuk lantai.
  2. Letakkan papan peringatan (yellow sign) di kedua ujung area yang hendak dipel.
  3. Bawa bucket ke area tersebut dan posisikan agar tidak menghalangi jalan atau berpotensi tersenggol.
  4. Celup mop ke dalam larutan chemical dan peras hingga cukup kering.
  5. Mulailah mengepel mulai dari ujung terjauh hingga ke arah pintu keluar. Pel dengan membentuk pola angka delapan sembari berjalan mundur, tujuannya agar Kamu tidak menginjak lantai basah yang telah dipel.
  6. Bila area yang dibersihkan cukup luas, ulangi proses mengepel saat Kamu tiba di ujung satunya. Lakukan dengan pola angka delapan yang tumpang tindih agar tidak menghasilkan jejak garis-garis.
  7. Bilas dan peras mop beberapa kali agar kotoran tidak terus menempel dan malah mengotori lantai yang dipel.
  8. Kerik kotoran permen karet dan noda lain yang keras menggunakan sikat atau scouring pad yang lembut agar tidak menggores lantai
  9. Bila Kamu mengepel koridor atau tangga, pel setengah bagian lebih dulu agar bagian lainnya bisa dilalui tamu dan staf. Tunggu bagian tersebut kering baru lanjutkan mengepel sisanya.

Saat Kamu sedang mengepel lantai, selalu posisikan punggungmu agar lurus, tidak perlu sampai membungkuk. Perhatikan bagian lantai yang sulit dijangkau agar tidak luput dibersihkan. Hindari membuat lantai terlalu basah atau becek sehingga waktu pengeringan bisa lebih cepat. Hal ini penting terutama dalam mengepel area yang padat oleh aktivitas.

Baca juga: 5 Langkah Menyapu Lantai

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News