Cara Menggunakan Troli Housekeeping dengan Benar

Cara Menggunakan Troli Housekeeping dengan Benar

Editor AJAR.id

Cara Menggunakan Troli Housekeeping dengan Benar

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Sebelum meninggalkan ruang housekeeping atau ruang penyimpanan linen, ada baiknya troli housekeeping sudah Kamu isi dengan perlengkapan yang dibutuhkan. Selain perlengkapan yang telah disebutkan pada artikel Perlengkapan Yang Dibutuhkan Room Attendant Untuk Membersihkan Kamar, benda tambahan yang juga harus dibawa adalah kunci kamar, walkie-talkie, daftar kamar yang akan dibersihkan serta personal drink container.

Selain mempersiapkan barang-barang yang perlu dibawa, penting juga bagi Kamu untuk memahami cara menggunakan troli yang aman. Oleh karena itu, AJAR.id akan berbagi tentang cara menggunakan troli housekeeping untuk sahabat Ajarian! Inilah hal yang harus diingat saat menggunakan troli atau mengisi ulang perlengkapan ke dalamnya:

  1. Lakukan pemeriksaan berkala
    Troli harus dalam kondisi baik saat akan kamu gunakan. Periksa setiap kelengkapannya dan apakah ada kerusakan atau kejanggalan yang bisa menghambat laju troli. Bila ternyata ada bagian yang rusak, segeralah dilaporkan ya Ajarian.
  2. Doronglah troli, bukan menariknya
    Jalankan troli housekeeping dengan cara mendorongnya ke depan, bukan menariknya. Mendorong troli membuat kamu lebih mudah melihat jalan serta saat mengarahkan dan mengendalikan troli. Selain itu, tenaga yang dikeluarkan untuk mendorong tentu lebih kecil daripada menariknya.
  3. Susun barang sesuai tempatnya
    Troli housekeeping terdiri dari beberapa kompartemen atau bagian-bagian yang dikhususkan untuk meletakkan barang tertentu (linen, toiletries, dll). Taruhlah barang yang berat di paling bawah untuk menjaga keseimbangan troli dan untuk menghindari agar troli tidak terguling. Dengan Kamu menyusun barang sesuai tempatnya dalam troli, maka troli tidak menjadi overload.
  4. Posisikan troli di dekat tembok
    Jangan memarkir troli di tengah-tengah koridor karena akan menghalangi jalan. Hal ini juga akan menyulitkan aktivitas tamu pada koridor dan dikhawatirkan ada tamu yang menabrak troli (terutama anak-anak). Tak hanya itu, menaruh troli di tengah koridor dapat menghambat proses evakuasi ketika ada situasi darurat. Demi keamanan, parkirlah troli di depan pintu kamar tamu yang sedang kamu bersihkan.
  5. Jangan mengangkat beban berat sendirian
    Saat sedang mengisi stok persediaan ke dalam troli, pastikan Kamu melakukannya dengan benar terutama barang-barang yang berat. Posisi badan yang salah saat sedang mengangkat beban bisa mengakibatkan cedera lho! (Selengkapnya di Prosedur Manual Handling yang Aman). Mintalah bantuan staf lain bila kamu kesulitan mengangkat barang yang berat atau besar.

Sahabat Ajarian, itulah 5 tips dalam menggunakan troli housekeeping. Perlu diingat nih Ajarian, jangan sembarang menaruh barang yang bukan tempatnya di troli. Misalnya menggantung lap kotor atau handuk basah, hal ini membuat troli terkesan berantakan dan tidak enak dipandang. Maka, aturlah benda-benda dengan rapi ya!

Baca juga: Melaporkan Kerusakan Benda dalam Kamar Tamu Hotel

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News