Cara Mengoperasikan Mesin Scrubbing Lantai

Cara Mengoperasikan Mesin Scrubbing Lantai

Editor AJAR.id

Cara Mengoperasikan Mesin Scrubbing Lantai

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebagai staf housekeeping, Kamu memiliki tanggung jawab untuk memelihara kebersihan dan kerapian lantai hotel. Kamu bisa melakukan pembersihan lantai dengan mopping, dusting, vacuuming serta scrubbing agar lantai tetap bersih dan nyaman dipandang.

Dalam artikel ini, AJAR.id akan menjelaskan tata cara proses scrubbing menggunakan rotary machine dan automatic scrubbing machine.

Apa bedanya kedua mesin tersebut?

Rotary machine berukuran lebih kecil dan cocok untuk membersihkan area kitchen dan toilet. Sementara automatic scrubbing machine lebih efisien jika digunakan untuk membersihkan area yang luas, misalnya lobby.

Mesin scrubbing hanya boleh digunakan pada area hard floor atau lantai yang keras, seperti marbel, keramik, dan vinyl. Untuk lantai halus seperti karpet, sebaiknya Kamu menggunakan mesin vakum atau mesin pencuci karpet khusus.

Nah, seperti apa tahapan dalam menggunakan mesin scrubbing lantai?

  1. Pertama-tama, pasang yellow sign atau pembatas di sekeliling area yang hendak dibersihkan.
  2. Kedua, sapu dan singkirkan sampah-sampah yang berserakan.
  3. Isi tangki mesin dengan chemical dan air panas. Untuk rotary machine, tidak tersedia tangki, sehingga chemical bisa dituangkan langsung pada lantai.
  4. Mulailah mengoperasikan mesin dengan cara mengarahkannya maju mundur dalam garis lurus.
  5. Selagi membersihkan lantai, tekan tombol pada mesin untuk mengeluarkan chemical dan kontrol penyedotan air kotor.
  6. Bila menggunakan rotary machine, bilas permukaan lantai dengan air bersih. Kamu juga bisa menggunakan mesin wet vacuum untuk proses ini.
  7. Terakhir, keringkan lantai dengan mesin. Hindari membiarkan lantai menjadi licin agar tidak ada orang yang tergelincir.
  8. Untuk penggunaan automatic scrubbing machine, pastikan tangki chemical dan tangki air kotor dalam keadaan kosong saat selesai membersihkan lantai. Jangan menyimpan mesin dalam kondisi tangki masih terisi air, selain bisa menimbulkan bau, hal ini juga bisa membuat mesin berkarat.

Mesin scrubbing merupakan alat yang sangat membantu untuk membersihkan sebuah area secara efektif dan efisien. Sebelum mengoperasikan mesin tersebut, pastikan Kamu telah mengikuti training agar memahami cara penggunaannya dengan tepat!

Baca juga: Jenis-jenis Cleaning Equipment, Protective Clothing, dan Chemical

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News