Cara Meningkatkan Service Quality untuk Staf Hotel

Cara Meningkatkan Service Quality untuk Staf Hotel

Editor AJAR.id

Cara Meningkatkan Service Quality untuk Staf Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebagai staf di hotel, pekerjaanmu sangat berkaitan dengan tamu. Setiap masukan dan saran yang diberikan sangat berharga dalam rangka memastikan penyediaan produk dan servis yang bukan hanya memenuhi ekspektasi tamu, namun melampauinya.

Hal ini membutuhkan persiapan yang matang, baik untuk produk maupun servis. Bila salah satu dari kedua hal tersebut diabaikan, maka pengalaman tamu akan terganggu.

Dalam artikel ini, AJAR.id akan membahas bagaimana cara meningkatkan service quality para staf hotel.

Service’ bisa diartikan sebagai output yang berasal dari pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap (attitude) seseorang. Oleh karena itu, demi meningkatkan service quality, pihak manajemen hotel harus membuat perencanaan mengenai cara meningkatkan knowledgeskill, dan attitude setiap staf hotel.

Staf selalu tertarik untuk belajar dan meningkatkan pelayanan, sehingga manajemen harus berusaha untuk mencari tahu dari staf apa yang ingin mereka pelajari untuk memungkinkan mereka memberikan service yang lebih baik.

Upaya untuk meningkatkan service quality bisa dilakukan melalui

  1. workshop
  2. kelas training
  3. kursus
  4. program mentoring
  5. buddy system.

Kegiatan-kegiatan tersebut bisa dilakukan saat hotel hendak meningkatkan service quality atau ketika ingin menambahkan pilihan service yang ditawarkan pada tamu. Sebagai contoh, hotel ingin menambah layanan butler. Ketika layanan butler ini akan disediakan, maka hotel harus memperkenalkan hal berikut kepada staf:

  • Produk-produk baru yang berhubungan dengan service tersebut
  • Peralatan dan perlengkapan baru yang berkaitan dengan service tersebut

Training pun perlu diselenggarakan demi mengembangkan knowledge, skills, dan attitude staf agar mampu menjalankan tugas sebagai butler dengan baik. Staf lain juga harus mengetahui tugas umum dari butler meski mereka tidak terlibat langsung.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan service quality di hotel. Perlu diingat, service merupakan tonggak utama hotel, karena tamu membayar bukan untuk membeli kamar, namun membayar atas pelayanan yang mereka dapatkan selama menginap di hotel. Kamu harus memastikan bahwa tamu mendapatkan lebih dari apa yang mereka harapkan.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News