Cara Meningkatkan Direct Booking Hotel dengan Affiliate Marketing

Cara Meningkatkan Direct Booking Hotel dengan Affiliate Marketing

AJAR Hospitality

Cara Meningkatkan Direct Booking Hotel dengan Affiliate Marketing

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebagai orang awam, pernahkah teman atau kerabatmu meminta tolong kepadamu untuk mereferensikan produknya? Lalu, setelah produknya terjual, Kamu pun diberikan hadiah sebagai tanda terima kasih. Temanmu memilihmu untuk membantu mereka merekomendasikan produknya karena Kamu dianggap memiliki koneksi yang berpotensi untuk menjual produk mereka.

Ya, kurang lebih seperti itulah affiliate marketing yang juga diterapkan dalam dunia digital.

Lalu, bagaimana proses penerapan secara digital untuk menunjang direct booking ke website hotel?

Untuk belajar menerapkan di hotelmu, Yuk kita belajar dari industri online travel agent tentang bagaimana mereka menerapkannya.

Exhibit 1: Agoda Referring Website. Source: SimilarWeb

Sebagai contoh dan proses belajar, kita akan melihat bagaimana Agoda menerapkan program affiliate marketing-nya yang terbukti sukses mengait jutaan pelanggan. Dari Exhibit 1 di atas terlihat bahwa 14.59 % dari total pengunjung website Agoda per Maret 2019 bersumber dari referensi website lain seperti Chinesean.com, Tripadvisor.com, dan lain-lain, di mana mereka bekerja sama dan terhubung dengan Agoda.

Contoh affiliate partner Agoda adalah chinesean.com yang merupakan webiste yang bergerak khusus di bidang affiliate network di China atau TripAdvisor yang merupakan meta search engine. Agoda juga bekerja sama dengan berbagai macam jenis Blog yang memiliki traffic dan target pembaca sesuai dengan standar Agoda. Sehingga, para pengunjung situs Blog berpotensi untuk memesan kamar melalui Blog tersebut yang kemudian proses booking diproses oleh Agoda.

Apakah ini gratis? Tentu tidak, Agoda membayar besaran komisi tertentu bagi Blog yang mengirimkan tamu kepada Agoda. Itulah salah satu cara kenapa pemilik Blog mendapatkan pundi-pundi rupiah. Lain ceritanya dengan TripAdvisor, Trivago, atau Google yang merupakan meta search engine. Skema pembayarannya ada yang per click ada juga yang menggunakan sistem komisi per-booking-an kamar yang berhasil masuk mengirimkan tamu ke pihak Agoda. Kamu dapat menerapkan strategi yang sama untuk website hotelmu.

Affiliate marketing memang bukan hal yang baru, Agoda hanya salah satu contohnya saja. Selain industri OTA, hotel chain internasional yang berpengaruh besar di Industri perhotelan juga sudah menerapkan strategi yang sama sejak lama.

Lalu, bagaimana cara untuk menerapkannya pada hotelmu?

Jujur saja, rada ribet, karena Kamu harus memasang engine tambahan pada booking engine-mu. Jika Kamu berada di corporate office, di mana Kamu mengelola banyak hotel, maka cara ini sangat efektif dan efisien untuk dilakukan yaitu dengan cara membuat tracking engine untuk mengelola laporan, produktivitas, dan sistem pencairan komisi dari semua affiliate webiste yang telah diajak kerja sama.

Kenapa program affiliate ini penting untuk meningkatkan direct booking ke webiste hotelmu?

  1. Dengan berafiliasi dengan website lain yang memiliki tingkat pengunjung tinggi dan kualitas pembaca, maka link website-mu akan mudah ditemukan oleh target pelanggan.
  2. Jika dilihat dari logaritma search engine, maka website-mu akan lebih dipercaya dan ditempatkan dalam daftar teratas oleh search engine, karena telah terhubung dengan website-website dengan traffic dan kualitas tinggi.

Alogaritma-nya simpel, sama seperti di dunia nyata, di mana orang lain yang belum kenal denganmu akan percaya denganmu, karena dikenalkan oleh temannya yang lebih dulu ia telah kenali dengan track record yang baik.

Nah, dalam search engine, ketika website-mu telah dipercaya oleh Google, Yahoo, atau Bing, website-mu akan ditempatkan dalam daftar teratas ketika user memasukkan "kata kunci" yang sesuai yang telah Kamu tetapkan dalam website-mu.

Dalam semua penjelasan di atas, maka "dunia digital adalah dunia kolaborasi". Siapa yang bersama-sama, mereka akan lebih cepat dalam mewujudkan mimpinya. Kuncinya adalah "Gotong Royong" atau bahasa kerennya kolaborasi. Mungkin saja Kamu meresepsikan bahwa beberapa OTA bertempur sengit, padahal dibalik itu mereka saling berkolaborasi dan sinergi dalam ekosistem travel industry.

Jadi, sistem affiliate marketing ini sebetulnya bukanlah hal yang baru. Di dunia nyata pun kita telah melakukannya. Lalu, apakah Kamu sudah berkolaborasi dengan para Blogger yang berpengaruh di jagat maya dan menggunakan digital affiliate marketing dalam strategi distribusimu?

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Direct Booking dan RevPAR Hotel

Salam Jempol!

By Ikin Solikin

Recommended Posts

AJAR in The News