Cara Merancang Program Efisiensi Energi di Hotel

Cara Merancang Program Efisiensi Energi di Hotel

AJAR Hospitality

Cara Merancang Program Efisiensi Energi di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Setelah Kita belajar tentang Cara Menghemat Energi di Hotel yang Wajib Diketahui Hotelier Jempolan, pada artikel ini akan diulas cara merancang program efisiensi energi di hotel.

Sebuah program efisiensi energi harus dimulai oleh manajemen. Artinya manajemen harus memahami dengan jelas konsep analisa cost-benefit dari sebuah program efisiensi energi. Oleh karena itu, otomatis langkah awal harus menggunakan pendekatan top-down.

Namun, dalam pelaksanaannya, rincian program haruslah disertai masukan dari bawahnya. Masukan dari staf sangat penting bagi suksesnya sebuah program efisiensi energi. Komitmen dari manajemen harus direalisasikan.

Untuk merealisasikan program, langkah awal adalah dengan melakukan audit energi. Langkah ini penting guna mencari tahu potensi penghematan sebagai dasar penyusunan target penghematan. Target tersebut akan dituangkan ke dalam suatu rencana aksi yang harus disusun bersama. Dalam menerapkan rencana aksi tersebut, proses monitoring yang rutin harus dilakukan. Setelah masa implementasi selesai, lakukan evaluasi untuk melihat apakah target penghematan sudah dicapai.

Bagan alur di bawah ini dan bagian berikut akan menjelaskan dengan lebih rinci langkah-langkah menyusun program efisiensi energi.

Langkah Ke-1 : Mengaudit Energi di Hotel

Langkah Ke-2 : Menentukan Target Penghematan Energi di Hotel

Langkah Ke-3 : Membuat Rencana Aksi

Langkah Ke-4 : Pengembangan Diri dan Motivasi Staf

Langkah Ke-5 : Monitoring

Langkah Ke-6 : Menghitung Penghematan Energi

Langkah Ke-7 : Evaluasi

Sahabat Ajarian, itulah proses merancang program efisiensi energi di hotel dan Langkah-langkah dalam penerapan program efisiensi di hotel. Nah setelah Kamu tahu audit energi, selanjutnya pelajari juga Cara Mengaudit Energi di Hotel.

Salam Jempol!

Sumber: Elyza, R., Hulaiyah, Y., Salim, N., & Iswarayoga, N. (2005). Buku Panduan Efisiensi Energi di Hotel. Jakarta: Pelangi.

Recommended Posts

AJAR in The News