Cara Merespons Keluhan Tamu Hotel sesuai Jenjang Otoritas

Cara Merespons Keluhan Tamu Hotel sesuai Jenjang Otoritas

AJAR Hospitality

Cara Merespons Keluhan Tamu Hotel sesuai Jenjang Otoritas

AJAR.id – Hello Ajarian! Keluhan atau kritikan adalah salah satu bahan agar proses pelayanan secara prima tetap dapat berjalan dengan konsisten. Di setiap unit hotel pastilah akan mendapatkan keluhan ataupun kritikan terhadap pelayanan yang diberikan untuk tamu. Terkadang seorang staf yang baru pertama kali menerima kritikan ataupun komplain dari tamu secara langsung (face to face) mudah terpancing emosinya.

Lalu, bagaimana sih cara merespons keluhan tamu secara langsung? Bagaimana urutan penyelesaian keluhan tamu hotel?

Pada dasarnya ketika tamu hotel mengeluhkan layanan yang ada di hotel, itu berarti harapannya masih belum sesuai dengan apa yang sudah didapatkan oleh tamu. Perbedaan antara ekspektasi dan harapan tersebutlah yang membuat tamu mengajukan keluhan. Namun, apakah semua tamu mengatakan keluhannya?

Tentunya tidak ada tamu yang sebetulnya jengkel namun malas untuk mengatakan karena mereka merasa memiliki banyak pilihan untuk menginap di hotel lainnya. Alhasil, kita kehilangan tamu yang sudah susah payah kita dapatkan.

Berikut ini adalah cara dan level penanganan dalam merespons keluhan tamu secara langsung:

  1. Ketika tamu menghampirimu, maka sambutlah tamu tersebut dengan ramah dan sopan.
  2. Simak dengan seksama apa yang disampaikan oleh tamu sembari Kamu berpikir apa yang diinginkan oleh tamu tersebut.
  3. Biarkan tamu tersebut...
Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News