Cara Mudah Menghitung Revenue Generation Index (RGI) Hotel

Cara Mudah Menghitung Revenue Generation Index (RGI) Hotel

AJAR Hospitality

Cara Mudah Menghitung Revenue Generation Index (RGI) Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Bagaimana caranya Kamu mengetahui bahwa tingkat pendapatan (revenue) di hotelmu lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitormu? Apa alat ukurnya? Nah, dalam artikel ini, AJAR.id akan mengulas Revenue Generation Index (RGI) yang sangat berguna bagi revenue Management.

Definisi RGI 

Dalam ilmu perhotelan, Revenue Generation Index (RGI) adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur level pendapatan per kamar yang tersedia/Revenue Per Room Available (RevPAR) pada hotelmu yang dibandingkan dengan RevPAR hotel-hotel yang berada pada keseluruhan hotel kompetitor yang telah Kamu pilih di kotamu (Competitor Set /Comset) . Hal ini berguna untuk melihat apakah Kamu mendapatkan pembagian pasar yang layak atau tidak layak berdasarkan pendapatan.

Cara Menghitung RGI

Rumus cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

RGI = HotelRevPAR dibagi denganComSet RevPAR

Contoh penerapan rumus di atas adalah sebagai berikut:

RGI = RevPar Ajar (IDR 720.000) dibagi dengan RevPAR ComSet (IDR 683.600) = 1.05

Cara membacanya adalah sebagai berikut, Jika hasil indeksmu adalah:

  • 1.00, maka posisi RevPAR-mu sama dengan nilai RevPAR yang berada di pasar
  • Lebih dari 1.00, maka posisi RevPAR-mu berada di atas pasar
  • kurang dari 1.00, maka posisi RevPAR-mu berada di bawah pasar.

Dalam ilustrasi di atas, maka kita melihat bahwa besaran nilai RevPAR pada Ajar Hotel adalah sebesar IDR 720.000 dengan nilai Revenue Generated Index sebesar 1.05. Jadi, Ajar Hotel berada pada level 5% di atas nilai RevPAR dalam ruang lingkup kompetisinya dengan nilai RevPAR sebesar IDR 683.600.

Manfaat RGI

Setelah mengetahui cara menghitungnya, berikut ini manfaat-manfaat dari RGI:

  • Dapat menggunakan data RGI sebagai pembanding dengan kompetitor dan memacu semangat tim untuk mempertahankan atau meningkatkan volume tingkat pendapatan per kamar yang tersedia (Revenue Per Available Room / RevPAR)
  • Mengetahui laju penetrasi pendapatan pada hotelmu terhadap segmentasi pasar dan kompetisi yang Kamu masuki.
  • Mengetahui rata-rata tingkat buying power di kotamu
  • Mengetahui tingkat pembagian pasar (market share) dari perspektif pendapatan.

Sahabat Ajarian, itulah definisi, rumus, dan manfaat dari Revenue Generation Index (RGI). sudahkan Kamu menggunakan RGI sebagai salah satu indikator di hotelmu?

Baca juga Cara Mengetahui Berapa Banyak Pasar yang Kamu Dapatkan (Cara Menghitung Fair Share Hotel).

Salam Jempol!

By Ikin Solikin

Recommended Posts

AJAR in The News