Cara Resepsionis Melayani Walk-In Guest

Cara Resepsionis Melayani Walk-In Guest

Editor AJAR.id

Cara Resepsionis Melayani Walk-In Guest

AJAR.id – Hello Ajarian! Walk-in guest merupakan sebutan bagi tamu yang datang ke hotel untuk menginap tanpa melakukan pemesanan terlebih dahulu. Jenis tamu ini memang tidak banyak, namun sebuah hotel akan mengharapkan kedatangan tamu walk-in karena tarif yang diberikan adalah tarif normal tanpa potongan harga, sehingga revenue yang didapatkan menjadi lebih besar daripada pemesanan lainnya.

Berikut adalah cara resepsionis melayani walk-in guest yang datang ke hotel:

  1. Tanyakan kebutuhan mereka
    Kamu harus pastikan berapa lama tamu akan menginap, tipe kamar, dan special requirements yang diperlukan. Selain itu, Kamu juga perlu mengecek Room Status Report/Room Availability Report atau PMS system untuk mengetahui apakah tersedia kamar yang sesuai atau tidak.
  2. Jelaskan kamar yang tersedia
    Umumnya prosedur standar bagi resepsionis adalah ‘menjual’ kamar tipe premium dahulu baru menawarkan tipe kamar lainnya bila tamu merasa tarif terlalu mahal.

(Baca juga: 3 Jenis Selling Techniques)

  1. Tanyakan metode pembayaran yang diinginkan
    Setelah tipe kamar dan tarif sudah disetujui, maka lanjutkan ke proses pembayaran. Tanyakan metode pembayaran apa yang tamu inginkan, tunai, debit atau credit card?
  • Debit/credit card: kartu akan digesek pada mesin EDC lalu meminta tamu menandatangani receipt/memasukkan PIN.
  • Tunai (cash): untuk pembayaran tunai, tamu diminta melunasi pembayaran untuk satu malam ditambah uang deposit. Uang deposit digunakan untuk mengantisipasi adanya extra charges saat tamu memesan room service atau fasilitas lain di hotel. Untuk tamu walk-in, aturan yang umumnya berlaku adalah pembayaran harus dilunasi sebelum mereka check in.

Beberapa hotel memberlakukan kebijakan Cash Only Guests bagi tamu walk-in, yaitu tamu tidak diperkenankan membeli produk/menikmati fasilitas berbayar di hotel lalu menagihkan pembayarannya ke bill kamar. Contohnya bila tamu membeli minum di bar maka mereka harus membayar tunai di tempat.

Baca juga: 5 Jenis Dokumen dalam Proses Reservasi di Hotel

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News