Contoh Aktivitas Penunjang untuk Group Tour dan Cara Menyiapkannya

Contoh Aktivitas Penunjang untuk Group Tour dan Cara Menyiapkannya

AJAR Hospitality

Contoh Aktivitas Penunjang untuk Group Tour dan Cara Menyiapkannya

AJAR.id – Hello Ajarian! Aktivitas penunjang yang akan dilakukan di sela-sela perjalanan wisata sebaiknya disiapkan terlebih dahulu jauh-jauh hari. Sebagai tour guide, Kamu jangan pernah melakukannya secara spontan atau menyiapkan aktivitas penunjang ketika rombongan group tour telah tiba, karena memungkinkan terjadinya risiko kecelakaan saat aktivitas dilakukan.

Contoh aktivitas penunjang yang dapat disiapkan oleh seorang tour guide meliputi:

  • Aktivitas untuk membangun kekompakan dalam tim – biasanya dilakukan oleh rombongan group tour dari klub atau korporat.
  • Mengundang motivator atau pembicara – biasanya dilakukan dalam rombongan group tour dengan tema acara tertentu
  • Melakukan kegiatan yang belum pernah dilakukan
  • Melakukan kegiatan belajar
  • Melakukan kegiatan yang seru
  • Melakukan kegiatan yang melibatkan fisik seperti olahraga
  • Mengadakan aktivitas untuk anak-anak atau aktivitas yang bisa dilakukan anak-anak dengan orang tuanya
  • Mengadakan aktivitas di mana rombongan group tour bisa mencoba permainan atau aktivitas fisik lainnya
  • Membuat aktivitas ‘treasure hunt’ pada akhir program
  • Membuat aktivitas edutainment yang mengkombinasikan kegiatan belajar dengan bermain

Sebelum memulai berbagai aktivitas penunjang yang sudah dibuat, sebaiknya Kamu mempelajari cara memandu yang baik dan benar. Seluruh aktivitas yang dibuat harus diuji coba terlebih dahulu sebelum diterapkan pada rombongan group tour.

Kamu harus periksa kembali perlengkapan yang akan digunakan untuk melakukan aktivitas penunjang seperti perizinan untuk melakukan dokumentasi. Selain itu, Kamu jua harus memastikan seluruh staff yang akan membantu hadir.

Berikut ini adalah prosedur yang harus Kamu ketahui sebelum melakukan aktivitas penunjang bersama rombongan group tour:

  1. Lakukan briefing untuk aktivitas penunjang yang akan dilakukan. Informasikan durasi kegiatan yang akan dilakukan saat rombongan group tour berangkat ke lokasi
  2. Pastikan aktivitas penunjang yang telah dibuat aman untuk dilakukan – jelaskan aturan-aturan yang berlaku jika ada, berikan perlengkapan keamanan, dan demonstrasikan cara penggunaannya
  3. Berikan perlengkapan dan peralatan yang sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan
  4. Demonstrasikan aktivitas yang akan dilakukan – berikan petunjuk atau cara agar para wisatawan bisa menyelesaikan aktivitas dengan baik
  5. Pastikan aktivitas dilakukan dengan pendampingan para tour guide atau staff yang bertugas – hal ini dimaksudkan agar bila terjadi kesalahan, staff bisa segera melakukan koreksi.
  6. Selalu siap jika aktivitas harus diberhentikan untuk sementara atau secara total – aktivitas biasanya akan dihentikan jika terjadi sesuatu yang darurat. Kamu harus bersikap sebijaksana mungkin ketika seorang wisatawan terpaksa harus berhenti mengikuti aktivitas.
  7. Sesuaikan aktivitas yang Kamu buat dengan rombongan group tour – biasanya akan ada beberapa anggota rombongan yang tidak bisa mengikuti aktivitas penunjang karena alasan kesehatan yang kurang baik.
  8. Batasi jumlah orang yang akan mengikuti aktivitas – jika diperlukan, Kamu bisa membatasi jumlah orang yang bisa berpartisipasi dalam aktivitas penunjang.
  9. Bantu wisatawan jika diperlukan – jadilah tour guide yang proaktif, karena ada wisatawan yang lebih suka memecahkan masalah sendiri tanpa dibantu orang lain
  10. Beri semangat pada wisatawan saat melakukan aktivitas penunjang – perhatikan usaha mereka ketika melakukan aktivitas tersebut
  11. Perhatikan durasi aktivitas penunjang yang akan dilakukan – informasikan aktivitas penunjang yang akan dilakukan selanjutnya dan selesaikan aktivitas tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah dibuat
  12. Terakhir, ucapkan selamat pada para rombongan group tour yang telah melakukan aktivitas tersebut untuk meningkatkan pengalaman serta mood.

Aktivitas penunjang dibuat dan dilakukan agar perjalanan wisata semakin menyenangkan dan menjadi pengalaman yang berharga. Kamu harus pastikan seluruh anggota rombongan group tour merasa senang ketika melakukan aktivitas yang sudah Kamu buat, bukannya malah merasa ditinggalkan.

Baca juga: Tips untuk Meningkatkan Skill dan Knowledge bagi Tour Guide

Salam Jempol!

By Bunga Mardiriana

Recommended Posts

AJAR in The News