Enam Langkah Menyajikan Room Service

Enam Langkah Menyajikan Room Service

Editor AJAR.id

Enam Langkah Menyajikan Room Service

AJAR.id – Hello Ajarian! Room service memiliki tanggung jawab untuk menciptakan sebuah pengalaman bersantap alias dining experience yang mengesankan di kamar tamu. Karena keterbatasan ruang, penampilan dan peralatan room service tentu tidak selengkap pelayanan di restoran, namun Kamu tetap wajib mengutamakan kepuasan tamu dengan pelayananmu. Presentasi sajian room service haruslah atraktif, teratur, rapi, bersih dan profesional.

Berikut enam langkah mudah dalam menyajikan room service:

  1. Antarkan room service tray dan trolley
    Tray dan trolley perlu disusun agar bisa memuat hidangan serta peralatan dan perlengkapan makan yang dibutuhkan. Tak hanya itu, tray dan trolley juga harus diatur agar tetap aman, seimbang dan atraktif. Jangan sampai tray dan trolleyoverload lho!

Kamu harus hati-hati dalam membawa peralatan makan yang tajam, glassware, dan makanan panas agar tidak terjatuh hingga melukai diri sendiri atau orang lain. Perhatikan juga item-item pelengkap room service yang perlu dibawa seperti flower vase, napkin, newspaper, atau complimentary cake.

Saat membawa tray, Kamu bisa membawanya sejajar dengan bahu, dada, atau pinggang. Posisi tangan harus kokoh dan stabil untuk menjaga tray tetap seimbang, terutama saat Kamu harus mendorong pintu atau menekan tombol lift.

  1. Ketuk pintu kamar tamu
    Setibanya di kamar tamu, periksa tampilan tray atau trolley lalu ketuk pintu atau tekan bel dan ucapkan “Room service!”, "In room dining" atau “Room service, Ibu Lina” bila Kamu mengetahui nama tamu. Tunggu 10 sampai 15 detik, baru ketuk kembali. Setelah pintu dibuka maka ucapkan greeting dan mintalah izin untuk memasuki ruangan.
  2. Masuki kamar dan persiapkan in-room service
    Kamu harus memosisikan tray atau trolley dengan benar di dalam kamar, atau bisa dengan menanyakan letak penyajian yang diinginkan tamu: di dining table, office desk, coffee table, maupun di area balcony. Tamu juga dapat meminta room service untuk mengantarkan pesanan ke public area seperti swimming pool. Ikuti permintaan tamu tanpa menunjukkan kesan bahwa Kamu keberatan melakukannya ya!
  3. Konfirmasi order dengan tamu
    Setelah room service disajikan, maka Kamu harus mengonfirmasi setiap item sesuai receipt. Konfirmasikan order tersebut di hadapan tamu sambil mengecek apakah ada item yang tidak sesuai. Bila seluruh item sudah sesuai, mintalah tanda tangan tamu di receipt atau guest account tersebut.
  4. Sajikan hidangan makanan
    Setting table harus dilakukan sama seperti dengan di restoran. Tujuannya adalah agar tamu mendapatkan suasana yang menyenangkan meskipun mereka hanya bersantap di kamar.

Setting table yang normal harus memiliki crockery, cutlery, salt and pepper, bunga, ice bucket, glass, dan napkin. Pastikan setiap perlengkapan makan telah bersih dan higienis dan ditata sesuai standar. Selanjutnya, buka penutup makanan dan hidangkan menu makanan sambil menjelaskan nama menu tersebut.

  1. Sajikan menu minuman
    Staf room service harus mampu menyajikan minuman layaknya penyajian di bar atau restoran. Mixed drinks bisa dibuat langsung di tempat sesuai request tamu. Apabila terdapat wine, letakkan dalam wine bucket berisi es batu untuk menjaga suhunya. Sementara Kamu menyajikan menu, tamu mungkin akan membuka percakapan atau menanyakan sesuatu. Jawablah dengan sopan dan informatif sembari tetap melakukan pekerjaanmu. Setiap staf hotel harus memahami etika yang benar dalam berinteraksi dengan tamu.

Ketika Kamu sudah selesai melayani tamu dan hendak meninggalkan kamar, jelaskan proses pengambilan dirty dish kepada tamu. Dirty dish collection time bisa tertera tray card atau menanyakan langsung waktu pengambilan yang diinginkan tamu. Beberapa tamu memilih meletakkan dirty dish di luar kamar selepas mereka selesai bersantap.

Sebagai penutup, ucapkan ‘Selamat menikmati’ kepada tamu (atau kalimat lain yang sesuai standar hotel) lalu tinggalkan kamar dan tutup pintu dengan rapat.

Baca juga: Tips Menjelaskan Menu kepada Customer di Restoran

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News