English 101: Cara Mengonfirmasi Instruksi dan Permintaan dari Orang Lain

English 101: Cara Mengonfirmasi Instruksi dan Permintaan dari Orang Lain

Editor AJAR.id

English 101: Cara Mengonfirmasi Instruksi dan Permintaan dari Orang Lain

AJAR.id – Hello Ajarian! Ketika supervisor atau manajer memberikan instruksi kepada karyawannya mengenai pekerjaan tertentu, pastinya mereka mengharapkan pekerjaan tersebut dilakukan dengan tepat.

Sebagai karyawan, Kamu memiliki tanggung jawab untuk mengklarifikasi instruksi yang diberikan. Hal ini penting untuk menghindari miskomunikasi dengan atasanmu.

Bukan hanya saat menerima instruksi dari atasan saja, namun Kamu juga perlu selalu mengonfirmasi saat ada permintaan dari customer.

Dalam artikel ini, AJAR.id akan menjelaskan bagaimana cara untuk mengonfirmasi instruksi atau permintaan dengan bahasa Inggris, sehingga Kamu bisa melakukan hal yang diminta secara tepat tanpa malu-maluin!

Hal yang patut diperhatikan saat Kamu mendapatkan sebuah instruksi atau pun permintaan dari orang lain adalah melakukan konfirmasi atas pemahamanmu sebelum melakukan apa yang mereka inginkan. Kamu bisa menggunakan respons singkat dan bahasa tubuh sebagai bentuk konfirmasi atas permintaan dan instruksi tersebut.

Berikut respons pendek yang bisa Kamu katakan untuk mengonfirmasi atau mengklarifikasi sebuah instruksi:

  • Ok, I understand
  • So you want me to...?
  • Yes, sir/madam
  • I understand you would like me to

Kamu juga bisa menggunakan bahasa nonverbal sebagai respons, seperti:

  • Menganggukkan kepala
  • Mengacungkan jempol atau membuat simbol OK dengan tangan
  • Melakukan apa yang diinstruksikan

Kamu harus pastikan untuk mengulangi instruksi yang diberikan atasanmu, terutama jika instruksi itu sulit dipahami dan selalu konfirmasikan pula saat ada permintaan yang diajukan orang lain kepadamu. Respons yang tepat diperlukan untuk mencegah kesalahpahaman yang bisa saja terjadi.

Baca juga: English 101: Mengenal Adverbs of Frequency untuk Menjelaskan Rutinitas

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News