English 101: Cara Menyatakan Preferensi beserta Alasannya

English 101: Cara Menyatakan Preferensi beserta Alasannya

Editor AJAR.id

English 101: Cara Menyatakan Preferensi beserta Alasannya

AJAR.id – Hello Ajarian! Kemampuan untuk menyatakan preferensi atas sesuatu merupakan skill yang dibutuhkan para karyawan di segala bidang profesi. Bila sebelumnya Kamu telah mempelajari Cara Mengekspresikan Rasa Suka dan Tidak Suka, maka kini Kamu perlu mempelajari bagaimana cara mendukung pernyataanmu dengan kalimat yang logis dan profesional.

Opini yang bersifat profesional namun tidak didukung dengan bukti yang kuat sama saja seperti kereta kuda tanpa kuda, dengan kata lain: opinimu tidak valid!

Dalam artikel ini, AJAR.id akan menjelaskan bagaimana cara yang benar untuk menyatakan preferensi beserta alasan penguatnya.

Cara menyatakan preferensi

Ada berbagai cara untuk menyatakan preferensi pribadi dalam bahasa Inggris. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan tingkat formalitas yang diperlukan agar bisa menyusun struktur kalimat yang tepat. Dalam situasi yang formal, sebaiknya Kamu menggunakan modal verbs (seperti may, must, shall, will, could, might, should, would)

Simak contoh berikut:

  • I prefer apples.
  • I would prefer apples.
  • I would rather eat apples.
  • If it were up to me, I would eat an apple.

Untuk memberi penekanan dan mendukung pernyataanmu, berikan alasan yang tepat. Cek tabel berikut untuk mempelajari bagaimana cara menyatakan preferensi beserta alasannya.

Sama halnya seperti saat Kamu Mengekspresikan Rasa Suka dan Tidak Suka dalam bahasa Inggris, menyatakan preferensi juga perlu memerhatikan tingkat formalitas. Jadi, gunakan bahasa yang tepat sesuai situasi ya!

Baca juga: English 101: Kata Penutup yang Tepat untuk Mengakhiri Percakapan dalam Bahasa Inggris

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News