Fungsi dan Fitur Apa Saja yang Bisa Diakses dalam CRS?

Fungsi dan Fitur Apa Saja yang Bisa Diakses dalam CRS?

Editor AJAR.id

Fungsi dan Fitur Apa Saja yang Bisa Diakses dalam CRS?

AJAR.id – Informasi yang dapat diakses melalui Computerized Reservation System (CRS) berkisar antara informasi yang Kamu masukkan, yang telah dimasukkan orang lain, atau informasi yang tersedia melalui integrasi antara CRS dengan sistem lain.

Selain itu, informasi-informasi tersebut akan tergantung pada jenis user. Misalnya, informasi yang terkandung dalam CRS yang digunakan oleh maskapai penerbangan, agen tiket atau agen perjalanan akan sangat berbeda dari sifat informasi yang terkandung dalam CRS di tourism information system atau perhotelan.

Khusus untuk CRS pada front office di industri perhotelan, berikut rangkaian fungi dan fitur yang umumnya disediakan dan bisa diakses:

  1. Folio clearance
    Folio clearance memiliki fungsi untuk menghapus seluruh data tamu yang telah melampaui rentang waktu tertentu (misalnya satu bulan). Dengan menghapus data-data tersebut, maka ruang dalam sistem bisa lebih lapang dan data yang tidak perlu pun terhapus agar tidak ada data menumpuk. Kamu bisa mengatur periode clearance dengan memasukkan tanggal “periode mulai” dan “periode selesai”.
  2. Night audit
    Night audit adalah fungsi manajemen yang umumnya dilakukan setiap akhir jam operasional di malam hari, yaitu untuk mengirim tagihan serta menyesuaikan dan mengaudit data akuntansi.

CRS akan secara otomatis mengganti tanggal dan menyiapkan jumlah laporan yang dibutuhkan oleh hotel.

  1. Room charge update
    Fungsi ini memungkinkan untuk menampilkan room charge harian ke dalam guest account sebelum audit malam hari dilakukan.

Fungsi ini biasanya dapat digunakan setiap untuk menyesuaikan biaya yang harus di-posting dan untuk hal-hal tak terduga seperti check-out mendadak atau untuk keperluan audit internal.

  1. Rooming rebuild/Calendar update/Diary reconstruction
    Fitur ini memungkinkan untuk mengatur ulang sistem setelah adanya perubahan data reservasi seperti:
  • Perubahan tanggal menginap
  • Penggantian alokasi kamar
  • Perubahan data kamar yang siap jual

Melalui fitur ini, database bisa diperbaharui untuk menghindari penyimpangan data Fungsi ini membangun kembali 'database', memperbaiki setiap penyimpangan, sehingga data dalam sistem sejalan informasi baru. Prosedur ini membantu mencegah adanya overbooking, double booking, dan kesalahan alokasi kamar.

  1. Transaction summary
    Transaction summary merupakan fitur untuk melihat rangkuman pendapatan (revenue) yang dibagi ke dalam beberapa bagian dimulai dari transaction summary periode sebelumnya. Kamu bisa mengatur periode spesifik untuk pengolahan data ini.

Itulah 5 fungsi dan fitur yang bisa Kamu akses melalui computer reservation system. Selanjutnya, pelajari juga yuk apa saja Manfaat CRS (Computerized Reservations System) untuk Night Auditing

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News