Ini yang Harus Dicek dalam Guest Folio sebelum Check-Out

Ini yang Harus Dicek dalam Guest Folio sebelum Check-Out

AJAR Hospitality

Ini yang Harus Dicek dalam Guest Folio sebelum Check-Out

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebagai resepsionis hotel, salah satu tugas utamamu adalah melayani tamu yang hendak check-out. Poin penting dalam proses check out adalah memastikan bahwa seluruh tagihan sudah dilunasi oleh tamu sebelum mereka meninggalkan hotel.

Apabila hotel menggunakan sistem komputer, setiap tagihan tamu dari transaksi selama mereka menginap akan otomatis tercatat ke dalam guest folio kemudian dijumlahkan. Guest folio merupakan nama lain dari bill. Setiap tamu memiliki setidaknya satu guest folioGuest folio berisi data nama tamu, nomor kamar, serta tanggal kedatangan dan kepulangan. Nantinya, guest folio akan dicetak untuk ditunjukkan kepada tamu yang check-out.

Saat mengecek transaksi yang tercatat di guest folio, Kamu akan perlu menghubungi beberapa departemen untuk memastikan transaksi yang dilakukan tamu. Departemen tersebut contohnya:

  • Food and Beverage Department – misalnya tagihan makanan yang dikonsumsi tamu di luar menu breakfast.
  • Housekeeping Department – terkait tagihan mini-bar dalam kamar.
  • Bila kebetulan tamu menyelenggarakan acara di hotel tersebut, pastikan seluruh tagihan terkait acara sudah tercatat....
Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News