Ini yang Harus Dicek Pramusaji sebelum Menyajikan Pesanan dari Kitchen

Ini yang Harus Dicek Pramusaji sebelum Menyajikan Pesanan dari Kitchen

AJAR Hospitality

Ini yang Harus Dicek Pramusaji sebelum Menyajikan Pesanan dari Kitchen

AJAR.id – Hello Ajarian! Hidangan yang sudah selesai diproses di kitchen harus segera disajikan ke meja customer. Sebagai waiter (pramusaji), Kamu akan mengangkut pesanan tersebut menggunakan tray lalu diantar ke customer yang sesuai. Pesanan harus diantar sesegera mungkin dalam kondisi terbaik, karena membiarkan pesanan yang sudah jadi tidak akan meningkatkan kualitas makanan/minuman tersebut.

Umumnya, minuman adalah pesanan yang dihidangkan lebih dulu daripada makanan. Hal ini untuk menjaga kepuasan customer, serta membuat mereka merasa dilayani dan tidak diabaikan.

Saat akan menaruh minuman ke dalam tray, perhatikan dulu beberapa hal berikut:

  • Jenis dan jumlah minuman sudah sesuai pesanan.
  • Penyajian minuman telah terlihat pantas untuk disajikan.
  • Gelas yang digunakan sudah benar.
  • Isi gelas tidak meluap bahkan tumpah.
  • Bila ternyata minuman tidak sesuai, laporkan ke kitchen agar segera diganti.

Sama halnya dengan minuman, makanan yang akan diantar ke meja pun harus Kamu cek terlebih dahulu! Apa saja yang perlu dicek?

  1. Makanan sudah sesuai pesanan termasuk bila ada special request misalnya: tidak pedas, setengah matang, tidak pakai seledri, dll.
  2. Cek apakah piring benar-benar bersih tanpa ada bercak makanan.
  3. Periksa kualitas makanan.
  4. Pisahkan bila ada hidangan yang berbeda jenis, misalnya antara steak well-done dan medium rare.
  5. Periksa apakah condiments atau bumbu telah sesuai pesanan.
  6. Konsistensi penyajian, bila dalam satu meja ada tiga orang yang memesan menu yang sama, cek apakah semua menu tersebut tampak seragam.
  7. Pastikan suhu makanan telah sesuai, contohnya mushroom soup harus dalam keadaan panas/hangat.

Seperti itulah cara yang benar untuk mengangkut pesanan makanan dan minuman sebelum diantar ke customer. Memangnya, apa yang terjadi bila hidangan tidak Kamu bawa dengan benar?

  • Hot food atau hidangan yang panas menjadi dingin karena dibiarkan terlalu lama.
  • Cold food akan meleleh atau mencair.
  • Meningkatkan risiko kontaminasi makanan.
  • Customer menunggu terlalu lama.
  • Memenuhi space yang semestinya digunakan untuk meletakkan pesanan dari customer

Customer tentu menginginkan pesanan mereka disajikan dalam kondisi terbaik. Setiap hidangan makanan dan minuman perlu diantar segera untuk meminimalisir waktu tunggu customer dan menjaga kualitas hidangan. Dengan begini, customer pun akan merasa puas atas pelayanan restoran dan tidak segan untuk kembali lagi.

Baca juga: Tips Menyajikan Makanan pada Food Display

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News