Jangan Asal Pasang Harga! Yuk Mengenal Price Value Matrix untuk Hotel

Jangan Asal Pasang Harga! Yuk Mengenal Price Value Matrix untuk Hotel

AJAR Hospitality

Jangan Asal Pasang Harga! Yuk Mengenal Price Value Matrix untuk Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Pernahkah Kamu membeli Coca-Cola di warung sebelah rumah dan membeli Coca-Cola di hotel? Harganya sama atau beda? Kenapa bisa beda, padahal sama-sama Coca-Cola dengan ukuran dan rasa yang sama?

Itulah salah satu contoh bahwa "nilai" yang diberikan hotel sangat berpengaruh besar terhadap "harga" yang diterapkan.

Lalu, apa sih price value matrix? Apa gunanya dalam praktek revenue management? 

Sebelum kita bahas relevansi contoh di atas dengan hotel. Yuk kita bahas dulu value apa saja yang Kamu terima ketika membeli Coca-Cola yang dijual di warung dan di hotel!

Jika Kamu membelinya di warung maka nilai yang Kamu dapatkan hanya sebatas "produk". Ketika Kamu membawanya pulang, Kamu akan membuka dan menuangkannya sendiri ke dalam gelas yang telah Kamu cuci sendiri. Jadi, Kamu hanya akan mendapatkan "satu" nilai saja yaitu: Produk yang berbentuk "Sebotol Coca-Cola".

Hal ini tentunya berbeda ketika Kamu membeli Coca-Cola di hotel, maka nilai yang akan Kamu dapatkan pun berbeda.

Dari mulai ketika Kamu datang di lobby hotel, Kamu sudah disambut ramah oleh petugas, lalu diarahkan atau bahkan diantarkan ke restoran yang akan Kamu tuju. Setelah sampai restoran, Kamu akan diantarkan ke tempat duduk kesukaanmu. Coca-Cola yang Kamu pesan pun diantar dan disajikan...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News