Jenis-jenis Pisau yang Digunakan di Kitchen

Jenis-jenis Pisau yang Digunakan di Kitchen

Editor AJAR.id

Jenis-jenis Pisau yang Digunakan di Kitchen

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Sama seperti alat-alat lainnya yang di gunakan di F&B Service, pisau merupakan alat vital yang digunakan oleh juru masak. Bentuk mata pisau bervariasi tergantung penggunaannya. Mata pisau yang tipis dan kecil sangat bagus untuk mengukir (carving) sementara mata pisau tebal akan cocok untuk mencacah.

Dalam artikel ini, AJAR.id akan menjelaskan beragam jenis pisau dapur termasuk bentuk dan fungsinya. Simak yuk 7 jenis pisau di bawah ini!

  1. Chef’s knife
    Pisau ini yang sering digunakan oleh juru masak karena multifungsi, bisa untuk memotong, mengiris, dan mencacah. Panjang mata pisau ini berkisar antara 20-25 cm. Gagangnya kokoh dan bilah pisaunya lebar.
  2. Boning knife
    Boning knife adalah pisau dengan bilah lancip, sepanjang 12 cm. Fungsinya untuk menyingkirkan tulang dari daging mentah.
  3. Paring knife
    Paring knife merupakan pisau kecil lancip dengan panjang 7 cm. Fungsinya untuk mengupas, membuat potongan kecil, atau untuk mengukir (carving).
  4. Turning knife
    Pisau ini bilahnya kecil, lancip dan melengkung dan memiliki panjang 5 cm. Turning knife idealnya digunakan untuk menyiangi sayuran.
  5. Palette knives
    Palette knives disebut juga spatula. Fungsinya untuk mengaduk, mengoles, mengikis bahan-bahan lunak.
  6. Peelers
    Peelers adalah alat untuk mengupas kulit buah dan sayur, seperti kentang, wortel, apel, dll.
  7. Parisienne scoop
    Parisienne scoop memiliki bilah kecil berbentuk cup. Fungsinya memotong buah, sayur, dan butter agar berbentuk bola-bola. Parisienne scoop biasa disebut juga ball cutter atau melon baller.

Sahabat Ajarian, itulah jenis pisau yang umum digunakan di kitchen. Penggunaan pisau yang sesuai tentu mempermudah pekerjaanmu dalam mengolah makanan. Selalu gunakan chopping board sebagai alas potong dan simpan pisau kembali pada tempatnya ya! Kamu bisa menyimpan pisau dalam toolbox atau case khusus untuk melindungi pisau tersebut.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News