Jenis Pelayanan Mana yang Diterapkan Hotelmu? Pelayanan Authentic VS Robot

Jenis Pelayanan Mana yang Diterapkan Hotelmu? Pelayanan Authentic VS Robot

AJAR Hospitality

Jenis Pelayanan Mana yang Diterapkan Hotelmu? Pelayanan Authentic VS Robot

AJAR.id – Hello Ajarian! Seperti yang kita ketahui bahwa pada dasarnya setiap orang di dunia ini saling membutuhkan dan pada prinsipnya pelayanan adalah sikap kita dalam membantu masalah yang dihadapi oleh orang lain.

Jika kita merujuk pada praktek di lapangan, maka terdapat dua jenis pelayanan. Pertama adalah "Pelayanan Otentik, Asli, dan Natural" dan kedua adalah pelayanan "Ala Robot".

Dalam 3 tahun terakhir, tepatnya sebelum saya membangun AJAR.id, ketika saya berdiskusi dengan Key Executive dari 5 operator hotel nasional, 3 bank besar nasional dan 3 rumah sakit di mana dalam diskusi tersebut memiliki kesimpulan yang sama, yaitu: "Mas Ikin, gimana sih caranya agar Service Quality konsisten?"

Di antara mereka mencontohkan pelayanan "ala mini market" di mana brand identitystandard layout ruangan, kebersihan, petugas yang selalu sigap dalam menyambut tamu, melayani transaksi, dan sangat konsisten untuk "menawarkan pulsa" ketika pelanggan berada di kasir. Hal tersebut dilakukan secara konsisten di seluruh cabang mereka di seluruh Indonesia. Hebat kan?

Selain itu, mereka juga mengambil contoh pelayanan ala Pramugari dari negara singa yang sangat konsisten dalam keramah-tamahan mereka...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News