Kamar Overbooking, Bagaimana Cara Menanganinya?

Kamar Overbooking, Bagaimana Cara Menanganinya?

AJAR Hospitality

Kamar Overbooking, Bagaimana Cara Menanganinya?

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Pernahkah Kamu mendengar istilah overbooking? Hal ini sama halnya seperti gelas yang diisi air. Jika volume air melebihi volume yang dapat ditampung oleh gelas, pastinya air tersebut akan ke meluber. Begitu juga dalam bidang perhotelan, ketika jumlah tamu melebihi kapasitas kamar maka dinamakan dengan istilah overbooking.

Overbooking adalah situasi di mana pemesanan yang diterima melebihi kapasitas kamar yang dimiliki sebuah hotel. Namun, overbooking juga kadang sengaja dipraktekkan untuk mengoptimalkan penjualan karena secara rata-rata pasti akan ada tamu yang no show.

Hotel bisa mengalami overbooking sebesar 5%-10%. Angka overbooking bisa diprediksi dari persentase:

  • No-Shows
  • Cancellation
  • Early Check-Outs

Jika tidak ditangani dengan baik dan benar, overbooking akan berdampak pada menurunnya kepuasan tamu. Tamu yang sudah datang ke hotel akan kecewa jika hotel yang ia datangi tidak memiliki kamar yang ia inginkan. Tentu hal ini akan sangat merugikan tidak hanya bagi tamu tetapi juga bagi reputasi hotelmu.

Jika tamu tersebut membagikan pengalamannya ke orang lain, pastinya reputasi hotelmu akan buruk. Apalagi dengan kondisi teknologi komunikasi yang yang canggih saat ini, orang sangat mudah membagikan...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News